Pengaruh Bauran Pemasaran Produk Kur Syariah Terhadap Keputusan Masyarakat menjadi Nasabah di Pt. Pegadaian Cabang Curup

Fitriyani, Fitriyani and Hendrianto, Hendrianto and Pefriyadi, Pefriyadi (2024) Pengaruh Bauran Pemasaran Produk Kur Syariah Terhadap Keputusan Masyarakat menjadi Nasabah di Pt. Pegadaian Cabang Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Fitriyani_PS.pdf

Download (4MB)

Abstract

PT. Pegadaian ditetapkan sebagai salah satu lembaga yang ditunjuk untuk menyalurkan KUR dengan akad syariah. Hal ini menjadi alternatif baru bagi pelaku UMKM yang semakin mudah dalam hal pembiayaan untuk usaha mereka. Kegiatan pemasaran merupakan kegiatan utama lembaga keuangan dalam upaya untuk memelihara dan mempertahankan eksistensinya dimata nasabah. Bauran pemasaran adalah suatu yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mempengaruhi permintaan akan produk. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap keputusan masyarakat menjadi nasabah KUR Syariah di PT. Pegadaian Cabang Curup. Penelitian ini menggunakan empat variabel yaitu produk, harga, lokasi dan promosi dengan satu variabel dependent yaitu keputusan pembelian. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang termasuk di dalam teknik non probability sampling dengan penyebaran kuesioner kepada 77 responden dan setiap item pertanyaan diukur dengan menggunakan lima skala likert. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa variabel produk dengan nilai thitung produk (X1) lebih besar dari ttabel (2,101 > 1,996) dengan nilai signifikansi (0,039 < 0,05) maka produk memiliki pengaruh positif terhadap keputusan masyarakat menjadi nasabah. Variabel harga (X2) dengan nilai thitung lebih kecil dari ttabel (1,610 < 1,996) dengan nilai signifikansi sebesar (0,112 > 0,05) maka variabel harga tidak memiliki pengaruh positif terhadap keputusan masyarkat menjadi nasabah. Variabel lokasi (X3) dengan nilai thitung lebih kecil dari ttabel (-0,512 < 1,996) dengan tingkat signifikansi sebesar (0,610 > 0,05) maka variabel lokasi tidak memiliki pengaruh positif terhadap keputusan masyarakat menjadi nasabah. Variabel promosi (X4) dengan nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (2,609 > 1,996) dengan tingkat signifikansi sebesar (0,011 < 0,05) maka variabel promosi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan masyarakat menjadi nasabah. Dan secara signifikansi (uji f) menunjukkan bahwa fhitung 17.806 > 2,50 dan nilai signfikansi 0,000 < 0,05. Maka produk, harga, lokasi dan promosi secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap keputusan masayarat menjadi nasabah KUR Syariah PT. Pegadaian Cabang Curup dengan nilai Adjusted Square 0,469, artinya keempat variabel mempengaruhi variabel Y sebesar 46% dan 54,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Produk, Harga, Lokasi, Promosi dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Fitriyani, FitriyaniUNSPECIFIED
Hendrianto, Hendriantohendrianto@iaincurup.ac.id
Pefriyadi, Pefriyadipefriyadi@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 23 Feb 2024 08:36
Last Modified: 23 Feb 2024 08:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5822

Actions (login required)

View Item View Item