Rumiana, Hasni and Sutarto, Sutarto and Iswanto, Rahmat (2024) Implementasi Reward and Punishment dan Implikasinya terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 25 Rejang Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
IMPLEMENTASI REWARD AND PUNISHMENT DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 25 RE.pdf Download (7MB) |
Abstract
Banyak faktor untuk membuat peserta didik termotivasi dalam belajar dan berprestasi antara lain yaitu dengan memberikan penghargaan (reward) dan memberikan hukuman (punishment). Program pemberian reward and punishment yang diterapkan SMP Negeri 25 Rejang Lebong yaitu reward diberikan untuk menghargai prestasi peserta didik baik prestasi secara akademik maupun non akademik, sedangkan punishment diberikan tidak bersifat hukuman fisik tetapi bermanfaat bagi peserta didik agar merasa lebih bertanggung jawab dengan tugasnya. Tujuan dari penelitian ini: (1) mengetahui Implementasi reward and punishment dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 25 Rejang Lebong, (2) mengetahui Implikasinya reward and punishment terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 25 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kulitatif yaitu penelitian datang ke lapangan untuk melihat secara langsung fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Hasil penelitian impelementasi reward and punishment dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 25 Rejang Lebong menunjukkan: di awal pelajaran guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait penerapan reward and punishment. Reward yang diberikan berupa reward verbal dan reward non verbal. Punishment yang diberikan berupa teguran, memberikan tugas seperti membaca buku, menghafal ayat atau hadist dan membersihkan tempat ibadah. Implikasinya reward and punishment yaitu (1) Tingkat perhatian peserta didik terhadap pembelajaran meningkat, (2) Tingkat keyakinan peserta didik terhadap kemampuan dalam mengerjakan tugas-tugas pembelajaran, (3) Tingkat kepuasan peserta didik dalam proses pembelajaran, (4) Menentukan perbuatan yang harus dilakukan.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2024 07:28 | ||||||||
Last Modified: | 23 Feb 2024 07:28 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5819 |
Actions (login required)
View Item |