Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa di madrasah ibtidaiyah muhammadiyah 10 karang anyar

tri putri, utami and Yulizah, Yosi and Oktori, Agus Riyan (2024) Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa di madrasah ibtidaiyah muhammadiyah 10 karang anyar. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
SKRIPSI TRI PUTRI UTAMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 10 KarangAnyar Oleh: Tri Putri Utami (17591138) Hasil belajar siswa yang diperoleh dari tugas harian masih tergolong rendah. Khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Siswa masih kurang memahami dalam menyelesaikan soal-soal Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kegiatan pembelajaran yang cenderung monoton. Dimana pembelajaran masih terfokuskan hanya kepada satu sumber saja, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa di madrasah ibtidaiyah Muhammadiyah 10 Karang Anyar Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design degan rancagan penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-test and Pos-test Design. Populasi dari penelitian ini adalah kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 10 Karang Anyar yang berjumlah 53 orang. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah t-tes dan dokumentasi, untuk mencari pengaruh antara variabel X dan variabel Y menggunakan rumus uji-t satu sampel kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai rata-rata bahasa Indonesia siswa sebelum adanya Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) adalah 65,57 dengan Standar Deviasi 12,113. (2) Dari akumulasi dengan mengunakan taraf nilai signifikansi dan nilai signifikansi setiap kelompok adalah 0,000 karena 0,000<0,005 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jika dilihat dari T hitung hasil SPSS sebesar 5,098 sedangkan t tabel sebesar 1,708. Sehingga thitung> tTabel (5,086>1,708) Kemudian disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa setelah adanya model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 10 Karang Anyar Kata kunci: Model Pembelajaran,Contextual Teaching And Learning (CTL), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
tri putri, utamiUNSPECIFIED
Yulizah, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:15
Last Modified: 26 Feb 2024 08:15
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5808

Actions (login required)

View Item View Item