Model pembelajaran inkuiri bantuan media visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips kelas v sdn 115 REJANG LEBONG

Susanti, meri and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Mina Putra, Muksal (2024) Model pembelajaran inkuiri bantuan media visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips kelas v sdn 115 REJANG LEBONG. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
SKRIPSI MERISUSANTI.pdf

Download (6MB)

Abstract

MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 115 REJANG LEBONG Oleh Meri Susanti NIM.19591141 ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar IPS siswa kelas V dan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri pada kelas V SDN 115 Rejang Lebong tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, dengan subjek penelitian yaitu siswa-siswi kelas kelas V SDN 115 REJANG LEBONG yang berjumlah 29 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tindakan yang dilakukan selama penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Inkuiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes uraian dan observasi Teknik analisis data dilakukan secara dekriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari meningkatnya persentase ketuntasan hasil tes siswa dimana pada pra tindakan persentasenya 31, 03%, pada siklus I meningkat menjadi 55, 17% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 82, 76%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model Inkuiri dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa ini dilihat dari meningkatnya kemampuan siswa dalam mencari jawaban dari permasalah melalui berbagai tahapan dalam model inkuiri yaitu orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data atau informasi, melakukan uji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Kata Kunci: Model Inkuiri, Hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Susanti, merimerisusanti@students.iaincurup.ac.id
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengku7@gmail.com
Mina Putra, Muksalmuksalminaputra.ac.id
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 06 Mar 2024 08:25
Last Modified: 06 Mar 2024 08:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5807

Actions (login required)

View Item View Item