Pengaruh Pembelajaran Pai dan Pengalaman Keagamaan terhadap Religiusitas Peserta Didik di SMAN 8 Rejang Lebong

Masrofah, Tria and Sutarto, Sutarto and Nasution, Aida Rahmi (2024) Pengaruh Pembelajaran Pai dan Pengalaman Keagamaan terhadap Religiusitas Peserta Didik di SMAN 8 Rejang Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Full Text.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nama TRIA MASROFAH, NIM 21871018, Pengaruh Pembelajaran Pen-didikan Agama Islam dan Pengalaman Keagamaan Terhadap Religiusitas Pe-serta Didik SMA N 8 Rejang Lebong. Tesis, Program Pasca Sarjana Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Curup (IAIN) Curup. Religiusitas merupakan elemen penting dalam perkembangan sosial, moral, dan psikologis peserta didik. Religiusitas ditentukan dari banyak dimensi dian-taranya pengetahuan agama dan pengalaman keagamaan. Pembelajaran Pendidi-kan Agama Islam dan pengalaman keagamaan memiliki peran krusial dalam mem-bentuk pemahaman dan praktik keagamaan individu untuk memberikan pemaham-an mendalam tentang Islam kepada peserta didik sehingga akan menghasilkan pe-seta didik yang mempunyai religiusitas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah pembelajaran Pendidi-kan Agama Islam berpengaruh secara signifikan terhadap Religiusitas peserta didik SMA N 8 Rejang Lebong. (2) apakah pengalaman keagamaan berpengaruh secara signifikan terhadap Religiusitas peserta didik SMA N 8 Rejang Lebong. (3) apakah pembelajaran Pendidikan Agama Islam berpengaruh secara signifikan ter-hadap Religiusitas peserta didik SMA N 8 Rejang Lebong. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, subjek penelitian ini adalah siswa-siswi SMA N 8 Rejang Lebong yang berjumlah 293 orang. Sampel yang digunakan berjumlah 75 dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan (1) tidak ada pengaruh pem-belajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Religiusitas Peserta didik SMA N 8 Rejang Lebong, dimana niilaii Siig seibeisar 0,299 > 0,05 dan niilaii thiitung -1,045 < ttabeil 2,000. (2) ada pengaruh yang signifikan pengalaman keagamaan terhadap Religi-usitas peserta didik SMA N 8 Rejang Lebong, dimana teirliihat darii niilaii siig seibeisar 0,000 < 0,05 dan thiitung 8,525 > ttabeil 2,000. (3) ada pengaruh yang signifikan pem-belajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Religiusitas peserta didik SMA N 8 Rejang Lebong, dimana koeifiisien deiteirmiinasii (R2) meinunnjukkan bahwa Adjusteid R squarei seibeisar 0,541 (54,1%). Kata kunci : Pembelajaran PAI, Pengalaman Keagamaan, Religiusitas

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Masrofah, Triatriamasrofah04@gmail.com
Sutarto, Sutartosutarto@iaincurup.ac.id
Nasution, Aida Rahmiaidarahminasution@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 23 Feb 2024 08:34
Last Modified: 23 Feb 2024 08:34
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5806

Actions (login required)

View Item View Item