Fransiska, Selvi and Purnama Sari, Dewi and Nasution, Aida Rahmi (2024) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Pendidikan Agama Islam Dan Implikasinya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMAN 1 Rejang Lebong. Masters thesis, Institus Agama Islam Negeri Curup.
Text
TESIS SELVI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Nama Selvi Pransiska, NIM 21871016, Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMAN 1 Rejang Lebong, Tesis, Program Pascasarjana IAIN Curup, Program studi Pendidikan Agama Islam, 2023. Pendidikan di abad 21 menuntut peserta didik memiliki sejumlah pengetahuan yang kompleks. Sangat penting bagi pendidikan untuk membekali individu dengan kemampuan berpikir kritis agar berhasil dalam menghadapi kerumitan abad ke-21. Model Problem Based Learning adalah pembelajran yang diterapkan karena pasifnya peserta didik yang terbiasa belajar online selama pandemi serta minat baca yang rendah. Melalui implementasi model Problem Based Learning dalam pembelajaran diharapkan para peserta didik mampu untuk lebih aktif dan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Maka penelitian ini memiliki fokus pada: 1)Implementasi model Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam; 2) Implikasi model Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara ini dilakukan kepada Kepala Sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan peserta didik. Teknis analisis data yang digunakan pada penelitian yaitu triangulasi. Hasil penelitian dari Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMAN 1 Rejang Lebong yaitu : 1) Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pendidikan Agama Islam meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan meliputi, menyiapkan perangkat pembelajaran dan memilih bahan pelajaran. Pelaksanaan meliputi, menyampaikan tujuan pembelajaran, membagi kelompok, membimbing diskusi, mempresentasikan hasil diskusi dan mengevaluasi hasil diskusi. Evaluasi meliputi penilaian sikap (self assessment dan peer assessment), penilaian pengetahuan dan keterampilan.2) Implikasi model Problem Based Learning dalam pembelajaran PAI terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu: Merangsang kemampuan peserta didik untuk menganalisis masalah, mensintesis masalah, mengenal dan memecahkan masalah, menyimpulkan, dan mengevaluasi. . Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis, dan Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2024 03:46 | ||||||||
Last Modified: | 23 Feb 2024 03:46 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5804 |
Actions (login required)
View Item |