Implementasi pendekatan tpack di sdn 72 Rejang lebong dalam mata pelajaran bahasa indonesia kelas ii tahun 2023/2024

KINTANA, KINTANA and Harmi, Hendra and Ningtyas, Amanah Rahma (2024) Implementasi pendekatan tpack di sdn 72 Rejang lebong dalam mata pelajaran bahasa indonesia kelas ii tahun 2023/2024. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
SKRIPSI KINTANA PGMI MASYAALLAH.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI PENDEKATAN TPACK DI SDN 72 REJANG LEBONG DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II TAHUN 2023/2024 Oleh : Kintana (19591118) Penelitian ini dilatar belakangi dari guru kelas yang menggunakan pendekatan TPACK dalam mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II di SD Negeri 72 Rejang Lebong pada tema 7 materi dongeng fabel PB 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SDN 72 dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi TPACK dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II di SDN 72. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) menggunakan pendekatan deskriptif. Metode yang diterapkan yaitu metode kualitatif dengan metode Evaluation Research. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendekatan TPACK di SDN 72 Rejang Lebong dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II tahun 2023/2024, yaitu pendekatan Technologial Pedaggical Content Knowledge (TPACK) efektif dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru dan pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Indonesia tema 7 materi dongeng fabel PB 2 melalui video pembelajaran yang di paparkan menggunakan laptop dan handphone. Dengan integrasi teknologi, pedagogik, dan konten pengetahuan, proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan relevan bagi siswa. Serta membantu guru dalam merancang dan menyampaikan materi dengan lebih efektif. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dan respons positif dari guru terhadap penerapan pendekatan ini di kelas. Kata Kunci : Implementasi, TPACK, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
KINTANA, KINTANAKintana19591118@students.iaincurup.ac.id
Harmi, Hendrahendra.harmi@iaincurup.ac.id
Ningtyas, Amanah Rahmaamanahrahma@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 23 Feb 2024 09:27
Last Modified: 23 Feb 2024 09:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5801

Actions (login required)

View Item View Item