Implementasi nilai-nilai karakter dalam permainan tradisional pepuding suku rejang dan penerepannya pada pendidikan anak usia sekolah dasar

Lestari, Anggun Puji and Susilawati, Susilawati and Febriansyah, Febriansyah (2024) Implementasi nilai-nilai karakter dalam permainan tradisional pepuding suku rejang dan penerepannya pada pendidikan anak usia sekolah dasar. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PERMAINAN TRADISIONAL PEPUDING SUKU REJANG DAN PENEREPANNYA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi Nilai-Nilai Karakter dalam Permainan Tradisional Pepuding Suku Rejang dan Penerepannya pada Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar Oleh : Anggun Puji Lestari NIM.20591021 Penelitian ini dilakukan di Skula Adat Mandat Penjaga Luhur AMAN Daerah Taneak Rejang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Mengetahui relevansi nilai-nilai karakter dengan permainan tradisional pepuding suku Rejang; 2) Mengetahui penerapan nilai-nilai karakter permainan tradisional pepuding suku Rejang dalam pendidikan anak usia Sekolah Dasar. Permainan tradisional pepuding merupakan nama lain dari permainan tradisional rajo-rajo. Permainan tradisional pepuding merupakan permainan yang dimainkan secara turun temurun oleh suku Rejang tepatnya pada Kabupaten Lebong. Penelitian ini dilakukan karena disetiap langkah selama bermain permainan mengandung aspek nilai-nilai karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan tipe penelitian lapangan (field research) menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini yaitu ketua organisasi AMAN serta masyarakat suku Rejang yang pernah atau mengetahui permainan tradisional pepuding. Teknik analisis data dalam penelitian ini peneliti harus melalui tiga tahapan antaranya, reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Nilai-nilai karakter yang terkandung terdapat 7 aspek yaitu, disiplin, kreatif, rasa ingin tahu, mandiri, cinta tanah air, cinta damai dan tanggung jawab. Nilai-nilai karakter tersebut memiliki kaitan dengan permainan tradisional yang berkesinambungan dengan diri sehingga mereka memiliki nilai dan karakter dalam diri sendiri. 2) Penerapan nilai-nilai karakter dalam permainan tradisional pepuding dengan pendidikan anak usia Sekolah Dasar mereka mampu membentuk karakter dalam diri melalui permainan tradisional ini. Permainan tradisional ini memiliki nilai-nilai karakter yang sesuai sangat sesuai dengan peraturan presiden nomor 87 tahun 2016 penguatan nilai-nilai yang harus dimiliki oleh anak Sekolah Dasar tersebut. Kata Kunci : Nilai-nilai Karakter, Permainan Tradisional

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lestari, Anggun PujiUNSPECIFIED
Susilawati, Susilawatisusilawati@iaincurup.ac.id
Febriansyah, Febriansyahfebriansyah@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 23 Feb 2024 04:42
Last Modified: 23 Feb 2024 04:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5800

Actions (login required)

View Item View Item