Peran guru pendidikan agama islam dalam mewujudkan profil pelajar pancasila di sekolah penggerak ( studi kasus di sdn madang )

Karolina, Asri and Amrullah, Amrullah and Aryanti, Ririn Dwi (2024) Peran guru pendidikan agama islam dalam mewujudkan profil pelajar pancasila di sekolah penggerak ( studi kasus di sdn madang ). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Ririn Dwi Aryanti.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh bahwa berdasarkan data yang di dapatkaan di jelaskan bahwa SDN Madang sudah menjalankan sekolah penggerak sekitar tahun, sejak tanggal 25 mei 2022 tahun ajaran 2022/2023 SDN Madang menjalankan program sekolah penggerak tahap ke tiga dari hasil yang di dapatkan peran guru pai dalam menerapkan profil pelajar pancasila pada program sekolah penggerak ini peran guru, karena sebelum adanya sekolah penggerak ini tingakat kualitas pendidikan rendah namun dengan adanya program penggerak ini memperbaiki dari program sekolah sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif subyek penelitian ini adalah Guru PAI di SDN Madang sebagai informan pendukung.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi serta dokumentasi.Teknik analisis datameliputi reduksi data,teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik,dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menemukan bahwa(1)Program guru PAI dalam mewujudkan profil pelajar pancasiladiantaranya adalah kegiatan menyediakan literasi yang mana program literasi ini dengan di sediakan pojok baca dengan berbagai macam buku terutama buku mengenai katerstik profil pelajar pancasila jadi anak dapat melihat apa saja karakter dari profil pelajar pancasila itu.(2) Pelaksanaan program sekolah penggerakadalah literasi sebelum pembelajaraan dimulai siswa di kasih waktu selama 15 menit untuk melakukan literasi terlebih dahulu yang sudah di sediakan di pojok baca ataupun yang bawak dari rumah,sebelum pembelajaraan di mulai guru wajib membimbing jalnnya literasi setelah itu guru bertanya atau memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai buku yang ia baca tadi.(3)Dampaknya bagi siswadalam kegiatan literasi dapat menambah pengetahuan serta wawasan siswa tentang kateristik profil pelajar pancasila dari siswa yang belum tahu hingga menjadi tahu apa itu profil pelajar pancasila, bagi guru dapat menambahkaan wawasan serta dapat mentransfer ilmu ke peserta didik. Kata Kunci : Peran Guru PAI,Profil Pelajar Pancasila,Program Sekolah penggerak, Dampak sekolah penggerak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Karolina, Asriasrikarolina@gmail.com
Amrullah, Amrullahamrullah@iaincurup.ac.id
Aryanti, Ririn Dwiririn20531138@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 23 Feb 2024 02:11
Last Modified: 23 Feb 2024 02:11
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5790

Actions (login required)

View Item View Item