Pengaruh Model Pembelajaran The Power Of Two Dalam meningkatkan Hasil Belajar Al Qur'an Hadis Di Kelas VI MIN 3 Musi Rawas

Subakti, Wiwik Catur and Mahfuz, Mahfuz and Yulizah, Yosi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran The Power Of Two Dalam meningkatkan Hasil Belajar Al Qur'an Hadis Di Kelas VI MIN 3 Musi Rawas. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI WIWIK CATUR SUBAKTI 20591203.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

WIWIK CATUR SUBAKTI NIM: 20591203 “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran The Power Of Two Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Al Qur’an Hadis Di Kelas VI MIN 3 Musi Rawas”. (Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah IAIN Curup).   Model pembelajaran The Power Of Two adalah menggabungkan kekuatan berdua, yang artinya kekuatan berdua dalam hal ini adalah menggabungkan atau membentuk kelompok kecil yang terbentuk dari dua orang, kegiatan ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa dua orang lebih baik dari pada satu orang. Tujuan utama dalam menerapkan model pembelajaran ini adalah salah satunya mengajarkan peserta didik untuk terus bekerja sama dan juga melatih pemikiran anak dalam berkelompok. Berdasarkan dari hasil observasi awal di MIN 3 Musi Rawas yaitu peserta didik cenderung tidak memperhatikan materi, penyampaian materi hanya menggunakan metode ceramah, dan hasil belajar al qur’an hadis peserta didik masih rendah. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara efektif terhadap penerapan model pembelajaran The Power Of Two dalam meningkatkan hasil belajar al qur’an hadis di kelas 6 MIN 3 Musi Rawas. lantas bagaimana hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah diterapkannya model pembelajaran The power Of Two? Dan apakah terdapat pengaruh secara signifikan antara penerapan model pembelajaran The Power Of Two dalam meningkatkan hasil belajar al qur’an hadis di kelas 6 MIN 3 Musi Rawas? Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian  yang digunakan adalah one grup pretest-postest, yang dilaksanakan di MIN 3 Musi Rawas Dalam kegiatan uji coba ini tidak menggunakan kelompok kontrol dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VI.  Adapun teknik analisis data yaitu dengan uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan uji Hipotesis (uji-t). Dari hasil penelitian, data analisis uji hipotesis (paired sample t-test), maa diperoleh nilai thitung = 6.243 > ttabel = 1.171 dengan taraf signifikan α = 0,05. Dapat diketahui bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, jadi hasil hipotesis menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran The Power Of Two dalam meningkatkan hasil belajar al qur’an hadis di kelas VI MIN 3 Musi Rawas. dapat disimpulkan bahwasannya terdapat pengaruh secara signifikan antara penerapan model pembelajaran The Power Of Two terhadap peningkatan hasil belajar al qur’an hadisdikelas IV MIN 3 Musi Rawas, presentase keberhasilannya sekitar 75% dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest serta meningkatnya hasil belajar pada mata pelajaran al qur.an hadis terkhusus pada hasil belajar al qur’an hadis .   Kata kunci : Efektivitas Model Pembelajaran The Power Of Two dan Hasil belajar al qur’an hadis ..

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Subakti, Wiwik CaturUNSPECIFIED
Mahfuz, MahfuzMahfuz@iaincuruo.ac.id
Yulizah, Yosiyosiyulizah@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 23 Feb 2024 08:27
Last Modified: 23 Feb 2024 08:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5789

Actions (login required)

View Item View Item