Menciptakan Konsentrasi Belajar Melalui Media Gambar Pada Pembelajaran pendidikan kewarganegraan di kelas 1 MIS GUPPI 11 Talang Rimbo Baru

Apriza, Ayu and Kurniawan, Kurniawan and Bahri, Syaiful (2023) Menciptakan Konsentrasi Belajar Melalui Media Gambar Pada Pembelajaran pendidikan kewarganegraan di kelas 1 MIS GUPPI 11 Talang Rimbo Baru. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
AYU APRIZA (NIM. 18591017).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pendidikan kewarganegaraan tidak dapat di pisahkan dengan media pelajaran karena pada pelajaran kelas rendah banyak belajar mengenai contoh menghormati bertanggung jawab, dan bagaimana aturan yang boleh dan tidak boleh di lakukan, jika hanya di jelaskan di papan tulis siswa menjadi bosan dan tidak fokus saat belajar. Dengan menggunakan media gambar di harapkan mampu memberikan suasana belajar yang menyenangkan sehingga menjadi lebih berkonsentrasi dalam belajar dengan adanya media gambar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses penggunaan media gambar pada pembelajaraan Pendidikan Kewarganegaraan dalam menciptakan konsentrasi peserta di kelas 1 MIS GUPPI 11 Talang Rimbo Baru, untuk mengetahui memilih media gambar yang tepat pada pembelajaraan Pendidikan Kewarganegaraan untuk menciptakan konsentrasi peserta didik di kelas 1 MIS GUPPI 11 Talang Rimbo Baru, dan untuk mengetahui apakah media gambar berupa foto/poster dapat meningkatkan konsentrasi ketika belajar menggunakan media gambar dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas 1 MIS GUPPI 11 Talang Rimbo Baru dan untuk mengetahui bagaimana Kondisi peserta didik ketika menggunakan media-media gambar pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan Jenis penelitian yang digunakan ini bersifat kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Wali Kelas dan Siswa-Siswa Kelas 1 MIS GUPPI 11 Talang Rimbo Baru. Sumber data yang diperoleh berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, alat bantu, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penemuan penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Bagaimana memilih foto dan poster sebagai media gambar dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan.yaitu memilih gambar sesuai dengan daya tangkap anak serta sesuai dengan tujuan yang akan dicapai Kedua, apakah media gambar dalam pembelajaraan pendidikan kearganegaraan dapat menciptakan konsentrasi belajar siswa yaitu siswa menjadi fokus dan berkosentrasi ketika belajarm siswa dilibatkan lansgung Ketiga, Kondisi peserta didik ketika menggunakan media gambar menjadi lebih fokus dan berkonsentrasi, siswa terlihat antusias dalam mengikuti proses pembelajaraan menggunakan media gambar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Apriza, Ayuayu18491017@iaincurup.ac.id
Kurniawan, Kurniawankurniawan@iaincurup.ac.id
Bahri, Syaifulsyaiful@iain.curup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 23 Feb 2024 04:30
Last Modified: 23 Feb 2024 04:30
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5788

Actions (login required)

View Item View Item