Analisis modul ajar pada kurikulum merdeka terhadap hasil belajar pendidikan agama islam di sdn 17 rejang lebong

Karolina, Asri and Indrawari, Karliana and Sari, Sinta Purnama (2024) Analisis modul ajar pada kurikulum merdeka terhadap hasil belajar pendidikan agama islam di sdn 17 rejang lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI SINTA PURNAMA SARI 20531148.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh SDN 17 Rejang Lebong yang telah menerapkan modul ajar pada kurikulum merdeka. mencakup upaya untuk memastikan bahwa materi pengajaraan yang disajikan relevan, sesuai dengan kebutuhan siswa. Serta untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memastikan modul ajar mencerminkan prinsip -prinsip Kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan modul ajar pada pelajaran PAI di SDN 17 Rejang Lebong, untuk mengetahui hasil belajar kemampuan kognitif siswa kelas 5 pada pelajaran PAI di SDN 17 Rejang Lebong dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan kurikulum merdeka pada pelajaran PAI di SDN 17 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, dan termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui langkah- langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi Teknik dan triangulasi sumber. Setelah dilakukan penelitian dapat diketahui bahwa: 1) Pendidik di SDN 17 Rejang Lebong sudah menggunakan modul ajar di dalam proses pembelajaraan dari tahun 2021.Yang meliputi: Atp, Cp, Tp, Materi, Model, Metode, Media, dan Lkpd. 2) Terdapat beberapa peningkatan setelah diterapkannya kurikulum merdeka yaitu dari aspek kognitif. Meliputi; pemahaman, ingatan, dan pemecah masalah. Aspek afektif, (respon emosional,motivasi dan evaluasi) dan aspek pisikomotorik, meliputi; yaitu(aktivitas fisik dan keterampilan). 3) faktor pendukung dan penghambat Dalam penerapan modul ajar di SDN 17 Rejang Lebong. Faktor pendukung, yaitu kepala sekolah yang sudah menyiapkan KKG yang mana, tempat pendidik untuk berdiskusi tentang kurikulum merdeka,fasilitas sekolah sudah cukup lengkap. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya SDM dan faktor dari anak itu sendiri. Kata kunci: Analisis Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Karolina, Asriasrikarolina@gmail.com
Indrawari, Karlianakarlianaindrawari@gmail.com
Sari, Sinta PurnamaSinta20531148@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 23 Feb 2024 02:04
Last Modified: 23 Feb 2024 02:04
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5782

Actions (login required)

View Item View Item