Efektivitas penggunaan tpack (technological pedagogical content knowledge) dalam Meningkatkan hasil belajar siswa (studi quasi eksperimen pada mata pelajaran ipa kelas iii sdn 2 sugih waras)

Faningsih, Sri and Lukman, Asha and guntur, Gunawan (2024) Efektivitas penggunaan tpack (technological pedagogical content knowledge) dalam Meningkatkan hasil belajar siswa (studi quasi eksperimen pada mata pelajaran ipa kelas iii sdn 2 sugih waras). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI SRI FANINGSIH_PGMI.pdf

Download (17MB)

Abstract

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TPACK (TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 2 Sugih Waras) Oleh: Sri Faningsih ABSTRAK Berdasarkan observasi awal pembelajaran di kelas III cenderung menggunakan metode konvensional dan penugasan saja, sehingga siswa monoton dan kurang bertanya dalam proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar siswa pun bisa dikarenakan oleh pembelajaran yang kurang efektif dan membosankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan awal pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian untuk mengetahui efektivitas pembelajaran TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dan untuk mengetahui perbedaan nilai rata-rata yang signifikan di kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kelas III di SDN 2 Sugih Waras. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi experimental design. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, dan tes, dengan sampel penelitian siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol di SDN 2 Sugih Waras tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 29 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis, uji N-Gain dan uji t dengan bantuan aplikasi Statistical Package For Sosial Sciences (SPSS) versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat efektivitas pembelajaran TPACK dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dilihat dari hasil uji N-Gain bahwa pada kelas III A (eksperimen) yang menggunakan TPACK mendapatkan nilai rata-rata yaitu 62,41 yang dikategorikan cukup efektif, sedangkan pada kelas III B (kontrol) yang menggunakan metode konvensional rata-ratanya 22,77 yang dikategorikan tidak efektif. Kemudian dapat disimpulkan juga bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata yang signifikan terhadap penggunaan TPACK di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat berdasarkan tabel uji t diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,00 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diartikan ada pengaruh penggunaan TPACK dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III A dan kelas III B di SDN 2 Sugih Waras. Kata kunci : TPACK dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Faningsih, SriUNSPECIFIED
Lukman, Ashalukmanhasan@iaincurup.co.id
guntur, GunawanUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 23 Feb 2024 05:19
Last Modified: 23 Feb 2024 05:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5771

Actions (login required)

View Item View Item