Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran PAI Di SMA Negeri 2 Rejang Lebong

Wiranata, Erik and Karolina, Asri and Indrawari, Karliana (2024) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran PAI Di SMA Negeri 2 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
Erik Wiranata-20531052.pdf

Download (7MB)

Abstract

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 2 REJANG LEBONG Abstrak Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas 12 jurusan IPA, penelitian ini bertujuan pertama, mengetahui bagaimana penerapan model PBL dalam pembelajaran PAI. kedua mengetahui bagaimana keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PAI. ketiga mengetahui adakah pengaruh penerapan Model PBL terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PAI di SMAN 2 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (mixed methods) dengan tipe sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa kelas 12 jurusan IPA sebanyak 216 siswa, sampelnya yaitu 122 siswa, subjek penelitian yaitu guru PAI dan siswa kelas 12 IPA. Jenis data yakni data kuantitatif dan kualitatif, sumber data yakni primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Serta Teknik analisis data, untuk data kuantitatif menggunakan statistik sementara untuk data kualitatif dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, 52,80%baik dan 17,02% sangat baik penerapan model PBL dalam pembelajaran PAI, hasil wawancara, menunjukkan bahwa penerapan model PBL telah sesuai dengan sintak dari model PBL itu sendiri dan siswa kelas 12 jurusan IPA baik dan sangat baik akan penerapan model PBL dalam pembelajaran PAI.Kedua,keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PAI, 66,68% baik, dan 27,73% sangat baik, selaras dengan hasil wawancara bahwa siswa-siswi memiliki keterampilan-keterampilan berpikir kritis seperti memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menarik kesimpulan, membuat penjelasan lebih lanjut dan menyusun strategi dan taktik dalam memahami materi pembelajaran.Ketiga, terdapat pengaruh penerapan model PBL terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PAI di SMAN 2 Rejang Lebong, hal ini dibuktikan dengan hasil korelasi product moment diperoleh nilai rhitung sebesar 0, 304, lebih besar dari rtabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,176, yang selanjutnya dilakukan uji t, didapatkan hasil thitung sebesar 3, 497 lebih besar dari ttabel sebesar 1, 658. Kata Kunci: Problem based learning, Berpikir Kritis, PAI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wiranata, ErikUNSPECIFIED
Karolina, Asriasrikarolina@gmail.com
Indrawari, Karlianakarlianaindrawari@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 23 Feb 2024 02:49
Last Modified: 23 Feb 2024 02:49
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5767

Actions (login required)

View Item View Item