Persepsi Guru Terhadap Perubahan Penyusunan RPP Ke Modul Ajar Kurikulum Merdeka di SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang

Apriansah, Renal and Harmi, Hendra and Meldina, Tika (2024) Persepsi Guru Terhadap Perubahan Penyusunan RPP Ke Modul Ajar Kurikulum Merdeka di SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Renal Apriansah PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Modul ajar merupakan bagian dari kurikulum merdeka dalam meningkatkan kualitas pembelajaran lebih baik. Namun, sifatnya yang fleksibel membuat para guru kesulitan dalam mengintegrasikan modul ajar ke dalam pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk; 1) Mengetahui bentuk format dan elemen modul ajar; 2) Mengetahui hambatan guru dalam menyusun modul ajar; 3) Mengetahui persepsi guru mengenai modul ajar kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada guru SDIT Cahaya Robani Kepahiang yang mengajar di kelas IV. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi dan wawancara, serta teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Format modul ajar yang disusun oleh guru mengadopsi 3 elemen utama, yaitu informasi umum, kegiatan inti, dan penutup. Selain itu, para guru juga menambahkan elemen JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu); 2) Hambatan yang dihadapi para guru seperti kerterbatasan informasi, kurangnya penyediaan sumber daya dalam penerapan modul ajar dan kebiasaan guru dengan gaya pembelajaran kurikulum sebelumnya Namun para guru selalu berupaya untuk mengatasi kendala tersebut dengan mengikuti pelatihan, mencari informasi secara mandiri, berlatih membuat modul ajar secara bertahap dan membiasakan diri mengajar dengan menggunakan modul ajar; 3) Para guru mengatakan bahwa modul ajar tersebut dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih baik namun dalam penerapannya membutuhkan waktu lebih agar modul ajar ini dapat terlaksana dengan maksimal. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Modul Ajar, Persepsi Guru

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Apriansah, RenalUNSPECIFIED
Harmi, HendraUNSPECIFIED
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:42
Last Modified: 22 Feb 2024 07:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5754

Actions (login required)

View Item View Item