Pengaruh Pembelajaran Berbasis Ekoliterasi Terhadap Keterampilan Siswa Dalam Pengelolaan Limbah Sampah Kelas V Di MIS 01 Kepahiang

Gynawan, Zera Pratiwi and Harmi, Hendra and Meldina, Tika (2024) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Ekoliterasi Terhadap Keterampilan Siswa Dalam Pengelolaan Limbah Sampah Kelas V Di MIS 01 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi,_ZERA_PRATIWI,_20591221,_PGMI[1].pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang membuang sampah sembarangan dan kurangnya perhatian siswa terhadap lingkungan seperti membiarkan sampah yang berserakan dilingkungan sekolah namun tidak ada gerakan siswa untuk membuang sampah tersebut ke tempat sampah. Maka dari itu peneliti menerapkan pembelajaran berbasis ekoliterasi sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui; 1) Pelaksanaan pembelajaran berbasis ekoliterasi pada kelas V di MIS 01 Kepahiang. 2) Perbedaan keterampilan siswa dalam pengelolaan limbah sampah yang diajar dengan pembelajaran berbasis ekoliterasi dan keterampilan siswa dalam pengelolaan limbah sampah yang diajar dengan pembelajaran konvensional di kelas V MIS 01 Kepahiang. 3) Pengaruh pembelajaran berbasis ekoliterasi terhadap keterampilan siswa tentang pengelolaan limbah sampah kelas V di MIS 01 Kepahiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk desain penelitian adalah True Exsperimental, menggunakan desain “Pretes-Posttest Control Group Design”. Pengumpulan data dilakukan melalui angket pernyataan berupa pretest dan posttest dengan populasi 57 siswa. Sampel terdiri dari 2 kelas masing-masing 25 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1) Pelaksanaan pembelajaran berbasis ekoliterasi pada tahap 1 (fase tumbuhkan) diperoleh nilai pretest sebesar 11 dan nilai posttest sebesar 20. Selanjutnya, pada tahap pembelajaran kedua (fase alami) diperoleh nilai pretest sebesar 10 dan nilai posttest sebesar 19. Lalu, pada tahap pembelajaran ketiga (fase namai) diperoleh nilai pretest sebesar 10 dan nilai posttest sebesar 22. Kemudian, pada tahap pembelajaran keempat (fase demonstrasikan) diperoleh nilai pretest sebesar 7 dan nilai posttest sebesar 19. Setelah itu, pada tahap pembelajaran kelima (fase ulangi) diperoleh nilai pretest sebesar 9 dan nilai posttest sebesar 19. Terakhir, pada tahap pembelajaran keenam (fase rayakan) diperoleh nilai pretest sebesar 9 dan nilai posttest sebesar 16. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil proses pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran berbasis ekoliterasi. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan siswa kelas dan kelas kontrol. Dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata postest kelas eksperimenkedua kelas tersebut. 3) Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan uji hipotesis paired sampel t test yaitu Ho sebesar 0,000 ≤ 0,005, maka Ho ditolak Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh pada pembelajaran berbasis ekoliterasi terhadap pengelolaan limbah sampah kelas V di MIS 01 Kepahiang. Kata kunci: Pembelajaran Ekoliterasi, Keterampilan Siswa, Pengelolaan Limbah Sampah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Gynawan, Zera PratiwiUNSPECIFIED
Harmi, HendraUNSPECIFIED
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 23 Feb 2024 05:44
Last Modified: 23 Feb 2024 05:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5750

Actions (login required)

View Item View Item