Pengaruh lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis pendekatan contekstual teaching and learning (ctl) terhadap hasil belajar bahasa indonesia materi puisi siswa KELAS IV SEKOLAH DASAR

Adia Sari, Senta and Botifar, Maria and Iskandar, Zelvi (2024) Pengaruh lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis pendekatan contekstual teaching and learning (ctl) terhadap hasil belajar bahasa indonesia materi puisi siswa KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
SKRIPSI SENTA ADIA SARI.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PUISI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Oleh : Senta Adia Sari NIM.19591209 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya hasil belajar peserta didik karena rendahnya literasi atau minat baca serta kurang bervariasinya guru dalam menerapkan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengen pendekatan model pembelajaran khususnya model pembelajaran yang berbasis CTL. Oleh karena itu, peneliti memutuskan untuk menggunakan model pembelajaran Pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL) dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum penerapan, setelah penerapan dan apakah ada pengaruh LKPD berbasis CTL terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi puisi siswa kelas IV SDN 01 Bermani Ilir. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperimen, yaitu hanya menggunakan kelompok eksperimen saja tanpa adanya kelompok kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis data statistik deskriptif, uji normalitas, uji t-tes, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pretest dan posttest. Persentasi jumlah peserta didik yang tuntas saat pretest adalah 8%, sedangkan persentasi jumlah peserta didik yang tuntas saat posttest adalah 85%. Disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Contekstual Teaching and Learning dengan hasil belajar Bahasa Indonesia materi puisi siswa kelas IV SDN 0 Bermani Ilir. Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Contekstual Taching and Learning dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Adia Sari, SentaUNSPECIFIED
Botifar, Mariamariabotifar@iaincurup.ac.id
Iskandar, Zelvizelvi.is89@gmail.com
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D051 Ancient History
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 23 Feb 2024 05:11
Last Modified: 23 Feb 2024 05:11
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5739

Actions (login required)

View Item View Item