Efektivitas Pengggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi AKSAKA Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Muatan Lokal Kelas V Sd Muhammadiyah 05 Rimbo Recap

Khotimah, Mutiara Nurul and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Putrajaya, Guntur (2024) Efektivitas Pengggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi AKSAKA Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Muatan Lokal Kelas V Sd Muhammadiyah 05 Rimbo Recap. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
CETAK KASET SKRIPISI per 20 feb YAYAK 24 - (Recovered).pdf

Download (6MB)

Abstract

Pada penelitian ini ditemukan dalam proses belajar mengajar di kelas V SD Muhammadiyah 05 Rimbo Recap mata pelajaran Muatan Lokal guru masih menggunakan media buku dan papan tulis. Media yang di gunakan kurang bervariasi, sehingga siswa juga merasa kesulitan memahami materi yang di sampaikan oleh guru. Sehingga tujuan peneliti berinisiatif untuk menggunakan media pembelajaran yang lebih interaktif dengan berbasis teknologi yaitu aplikasi AKSAKA dalammeningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Muatan Lokal. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Eksperimen. Jenis pendekatan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental. Dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan uji kemampuan (pretest & posttest) ke siswa kelas V SD Muhammadiyah 05 Rimbo Recap yang berjumlah 17 orang terdiri dari 8 laki-laki dan 9 perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikanhasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi AKSAKA pada mata pelajaran Muatan Lokal kelas V di SD Muhmmadiyah 05 Rimbo Recap berdasarkan analisis data uji T-test memperoleh nilai rata-rata pada prestest 60,59 dan posttest 90,88. Terdapat perbedaan pretest dan posttest peserta didik dalam hasil belajar menggunakan media pembelajaran Aplikasi AKSAKA, dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 dimana lebih kecil dari 0,05, oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima. Serta pada hasil pengujian N-Gain Score menunjukkan bahwa rata-rata skor N-gain Score adalah 0.7889 termasuk kedalam kategori tinggi. Sedangkan pada kategori tafsiran efektivitas N-gain Score memperoleh presentase 78,8857 atau 78,9% termasuk dalam tafsiran Efektif. Kata kunci: Aplikasi AKSAKA, Muatan Lokal, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Khotimah, Mutiara NurulUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengku7@gmail.com
Putrajaya, GunturUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 22 Feb 2024 05:03
Last Modified: 22 Feb 2024 05:03
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5738

Actions (login required)

View Item View Item