Nilai-Nilai Karakter Bagi Anak Sekolah Dasar Pada Novel Sang Pemimpi dalam Perspektif Tujuan Pendidikan Islam

Perdamean, Adji and Susilawati, Susilawati and Febriansyah, Febriansyah (2022) Nilai-Nilai Karakter Bagi Anak Sekolah Dasar Pada Novel Sang Pemimpi dalam Perspektif Tujuan Pendidikan Islam. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ADJI PERDAMEAN NILAI-NILAI KARAKTER BAGI ANAK SEKOLAH DASAR PADA NOVEL SANG PEMIMPI DALAM PERSPEKTIF TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM full.text.pdf

Download (6MB)

Abstract

Karakter anak didik di era sekarang kian lama kian menipis dan bahkan jauh dari konsep pendidikan Islam. Maraknya terjadi perkelahian, pergaulan bebas, bermalas-malasan dan hanya fokus terhadap ponsel genggam mengakibatkan makin merosotnya karakteristik peserta didik yang seharusnya. Hal ini diakibatkan kurangnya edukasi serta motivasi mengenai pendidikan karakter, baik itu dilingkungan sekolah maupun lingkungan rumah. Dari masalah tersebut agar tidak terjadi penyimpangan karakter dalam diri peserta didik, maka dilakukanlah analisis terhadap nilai karakter pada Novel Sang Pemimpi bagi anak Sekolah Dasar dalam perspektif tujuan Pendidikan Islam. penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi dan relevansi terhadap anak Sekolah Dasar dalam Perspektif Tujuan Pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian Library Research atau penelitian kepustakaan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun buku yang diteliti yaitu novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa teknik literatur, sedangkan teknik analisis data berupa analisis teks dan wacana. Hasil penelitian menunjukan bahwa;pertama, terdapat nilai-nilai pendidikan karakter didalam novel Sang Pemimpi. Berupa nilai karakter kerja keras berjumlah 13 data(Tekun, berinisiatif tinggi, pantang menyerah, menghargai waktu), nilai karakter religius berjumlah 6 datadata (Percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, beribadah, saling menghargai), dan nilai karakter peduli sosial berjumlah 7 data (berbagi kepada yang membutuhkan, menolong lain dan orang tua). Kedua, data-data nilai karakter tersebut relavan dengan tujuan pendidikan Islam yang diungkapkan oleh Al-Abrasy bagi anak Sekolah Dasar. Seperti membentuk akhlak mulia (relavan dengan karakter religius), mempersiapkan peserta didik untuk kehidupan dunia akhirat (relavan dengan karakter peduli sosial), dan mempersiapkan peserta didik didalam dunia mencari rezeki, menumbuh semangat untuk terus belajar serta mempersiapkan peserta didik dalam bidang pertukangan. (relavan dengan karakter kerja keras) Kata Kunci : Nilai Pendidikan Karakter, Novel Sang Pemimpi, Tujuan Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Perdamean, AdjiUNSPECIFIED
Susilawati, Susilawatisusilawati@iaincurup.ac.id
Febriansyah, Febriansyahfebriansyah@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:10
Last Modified: 22 Feb 2024 08:10
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5732

Actions (login required)

View Item View Item