Hubungan lingkungan madrasah terhadap kedisiplinan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadist di MAS 01 Darussalam Kepahiang

Amaliah, Akmal and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Cikdin, Cikdin (2023) Hubungan lingkungan madrasah terhadap kedisiplinan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Quran Hadist di MAS 01 Darussalam Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fullteks.pdf

Download (7MB)

Abstract

Lingkungan madrasah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar peserta didik. Lingkungan madrasah merupakan lembaga pendidikan formal yang secara sistematis melaksanakan program bimbingan, pengajaran, dan latihan agar peserta didik mampu mengembangkan potensinya. Sedangkan disiplin belajar merupakan serangkaian perilaku seseorang yang menunjukan ketaatan dan kepatuhan terhadap peraturan. Lingkungan madrasah di Madrasah Aliyah 01 Darussalam Kepahiang tergolong dalam kategori baik, sedangkan kedisiplinan belajar peserta didik tergolong dalam kategori baik akan tetapi masih terdapat beberapa siswa yang belum disiplin dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh lingkungan madrasah terhadap kedisiplinan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah 01 Darussalam Kepahiang Tahun Pelajaran 2023/2024. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lingkungan madrasah, sedangkan kedisiplinan belajar sebagai variabel terikat. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan metode kuantitatif yang dalam pengolahan datanya menggunakan sampel dari populasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 71 peserta didik yang diambil dari populasi yang berjumlah 100 peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah 01 Darussalam Kepahiang dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuisioner (angket) dan metode dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh adalah : (1) Diketahui bahwa lingkungan madrasah berpengaruh baik terhadap kedisiplinan belajar peserta didik. (2) Kedisiplinan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis tergolong baik akan tetapi masih terdapat peserta didik yang belum disiplin dalam belajar. (3) Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan madrasah terhadap kedisiplinan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAS 01 Darussalam Kepahiang tahun pelajaran 2023/2024. Hasil rxy sebesar 0,5119 yakni ada pengaruh positif dengan ini nilai koefisien 0,5119 berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Amaliah, AkmalUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengku7@gmail.com
Cikdin, Cikdincikdinnnn12@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 19 Feb 2024 07:50
Last Modified: 19 Feb 2024 07:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5661

Actions (login required)

View Item View Item