Perbedaan Media Manipulatif Dan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP N 6 Rejang Lebong

Yanti, Yuli and Palupi Putri, Dini and Rahmadeni, Fevi (2023) Perbedaan Media Manipulatif Dan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP N 6 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Yuli Yanti.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman konsep siswa menggunakan Media Manipulatif 2) Mengetahui bagaimna kemampuan pemahaman konsep siswa menggunakan Media Audiovisual 3) Mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan Media pembelajaran Manipulatif dan Audiovisual. Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan yang penting untuk dikuasai oleh siswa, mengingat masih kurangnya kemampuan pemahaman konsep siswa di SMP N 06 Rejang Lebong, maka perlu adanya upaya untuk membuat siswa lebih mudah dalam memahami konsep-konsep matematika. Kurangnya kemampuan pemahaman konsep ini dapat di atas dengan penggunaan Media pembelajaran Manipulatif dan Media pembelajaran Audiovisual. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes soal, Observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dua sampel. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penggunaan Media Audiovisual terhadap kemampuan pemahaman konsep Matematis Siswa SMP N 6 Rejang Lebong dapat dikatagorikan baik. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dengan jumlah siswa 22 orang, maka diperoleh frekuensi hasil post-test dikatagorikan tinggi terdapat 6 orang atau 27%, sedang 10 orang atau 46% dan katagori rendah 6 orang atau 27%. 2) penggunaan Media Manipulatif terhadap kemampuan pemahaman konsep Matematis Siswa SMP N 6 Rejang Lebong dapat dikatagorikan lebih baik. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dengan jumlah siswa 22, maka diperoleh frekuensi hasil post-test dikatagorikan tinggi terdapat 7 orang atau 32%, sedang 11 orang atau 50% dan katagori rendah 4 orang atau 18%. 3) Perbedaan Penggunaan Media Manipulatif dan Media audio visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP N 6 Rejang Lebong, penggunaan Media Audiovisual lebih baik dibandingkan dengan Media Manipulatif dengan rata-rata (68,90), sedangkan penggunaan Media Manipulatif memiliki nilai rat-rata (64,04) dan sememtara itu bisa kita dilihat dari standar deviasi setelah memberikan soal post-test kelas IX A memiliki standar deviasi (12,75) dan kelas IX B memiliki standar deviasi (11,27). Berdasarkan pengolahan data hasil hipotesis yang menggunakan uji t pada taraf signifikan ∝ 5%, diperoleh sebesar 〖 t〗_hitung≤t_(tabel (0,0029 ≤ 2,018) ), hal ini menyatakan Ho ditolak. Artinya Terdapat perbedaan penggunaan Media manifulatif dan Media audo visual terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IX SMP Negeri 6 Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yanti, Yulicrpyulianti@gmail.com
Palupi Putri, Dinidinipalupiputri@iaincurup.ac.id
Rahmadeni, Fevifevirahmadeni@iain.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:18
Last Modified: 02 Feb 2024 02:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5629

Actions (login required)

View Item View Item