Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal - soal hots pada pembelajaran matematika kelas v di sdn 12 rejang lebong

Hidayat, Slamet and Warlizasusi, Jumira and Palupi Putri, Dini (2023) Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal - soal hots pada pembelajaran matematika kelas v di sdn 12 rejang lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SLAMET HIDAYAT.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal HOTS pada Pembelajaran Matematika kelas V di SDN 12 Rejang Lebong Oleh: Slamet Hidayat Penelitian ini membahas tentang Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal HOTS pada Pembelajaran Matematika kelas V di SDN 12 Rejang Lebong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal HOTS Matematika di SDN 12 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dirancang untuk mengetahui deskripsi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field researeh) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik observasi, wawancara tes tertulis dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 23 orang siswa kelas V dan 1 guru mata pelajaran matematika. Teknik analisa berupa reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Konten-konten HOTS pada soal Matematika kelas V SDN 12 Rejang Lebong sudah sesuai berdasarkan indikator pemecahan masalah dengan level kognitif C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta), dalam pemecahan masalah guru sangat berperan penting. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS matematika terbagi menjadi 3 kategori yaitu: siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Siswa berkemampuan tinggi mampu menyelesaikan soal HOTS sesuai dengan tahapan pemecahan masalah ada 1 orag siswa. Siswa berkemampuan sedang mampu menyelesaikan soal HOTS tetapi ada beberapa tahapan pemecahan masalah yang tidak dapat dilaksanakan ada 7 orang siswa. Siswa berkemampuan rendah tidak mampu menyelesaikan soal HOTS dan tidak mampu memenuhi semua tahapan pemecahan masalah ada 15 orang sisw. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan siswa kelas V SD Negeri 12 Rejang Lebong masih rendah. Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Soal HOTS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hidayat, SlametUNSPECIFIED
Warlizasusi, Jumirajumira.ifnaldi@gmail.com
Palupi Putri, Dinidinipalupiputri@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Siswa, Soal HOTS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:36
Last Modified: 26 Jan 2024 07:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5604

Actions (login required)

View Item View Item