Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Komunikasi Melalui Bimbingan Kelompok Di Man 01 Kepahiang

Efendi, Sulpan and Azwar, Beni and Hartini, Hartini (2023) Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Komunikasi Melalui Bimbingan Kelompok Di Man 01 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fuultextt.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berusaha mengungkap kesulitan siswa dalam berkomunikasi di MAN 01 Kepahiang karena masih belum optimal perhatian guru kepada keadaan siswa karena masih ada siswa yang memiliki masalah dalam komunikasi, serta dalam memperhatikan siswa dalam proses belajar yang masih memperhambatkan siswa dalam perkembangannya untuk mewujudkan komunikasi siswa yang baik. Didalam mengungkap permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yang berjudul tentang Upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan komunikasi melalui bimbingan kelompok di MAN 01 Kepahiang. Penelitian ini dengan metode kualitatif deskriptif.Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, serta pengolahan data dengan Reduksi Data, Penyajian data, dan Verifikasi Data/Penarikan Penyimpulan.Keabsahan data dengan Triangulasi Metode, Triangulasi Teknik, dan Triangulasi Sumber. Hasilnya berikut:(1) kemampuan komunikasi siswa sebelum dilakukan layanan bimbingankelompok ada kendala siswa komunikasi seperti lebih banyak diam dan pasif, merasa minder ataupun karena karakter siswa yang memang cenderung pendiam dan juga karena perbedaan bahasa; (2) Dalam pelaksanaannya bimbingan kelompok hasilnya dengan melihat 4 tahapan selama layanan yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran. Pelaksanan dilakukan sebanyak 4 kali layanan dengan tema komunikasi, baik tahapan dan materi layanan semua berjalan dengan baik; (3)Faktor Pendukung seperti Sekolah memperbolehkan pelayanan BK meski tidak ada jam khusus BK, dukungan sistem yang baik meski belum optimal. Faktor Penghambat yaitu kekurangan tenaga bimbingan di sekolah, sarana dan prasarana dimana ruang BK tidak besar untuk melakukan bimbingan kelompok; dan waktu atau jam khusus BK tidak ada, dan; (4) Dan yang terakhir yaitu siswa merasa puas dan berkesan untuk bisa melakukan komunikasi setelah dilakukannya bimbingan kelompok yang dilihat pada hasil wawancara setelah bimbingan kelompok siswa memberikan kesan dan pesan yang baik. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Komunikasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Efendi, Sulpansulpanefendi69@gmail.com
Azwar, Benibeniazwar1967@gmail.com
Hartini, Hartinihartini@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > LF Individual institutions (Europe)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Peranan Riski Kurnia Putri
Date Deposited: 24 Jan 2024 08:11
Last Modified: 24 Jan 2024 08:11
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5596

Actions (login required)

View Item View Item