Upaya lembaga pendidikan dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter untuk membentuk akhlak peserta didik di ma al-muhajirin tugumulyo

Tri Handayan, Nindi and Nelson, Nelson and Amrullah, Amrullah (2023) Upaya lembaga pendidikan dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter untuk membentuk akhlak peserta didik di ma al-muhajirin tugumulyo. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
NINDI TRI HANDAYANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah kurangnya akhlak baik pada peserta didik, yang disebabkan oleh interaksi di luar sekolah, penyalahgunaan media sosial, dan kurangnya perhatian orang tua. Selain itu, terdapat ketidakdisiplinan siswa terhadap aturan sekolah, seperti terlambat masuk, keluar kelas tanpa pengawasan guru, keluar sebelum jam istirahat, dan adanya bolos pada jam pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya lembaga pendidikan dalam menerapkan nilai-nilai karakter guna membentuk akhlak peserta didik, serta mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam implementasi nilai-nilai karakter tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan melibatkan subjek penelitian berupa Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru Pendidikan Agama Islam, dan Pembina Rohis. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan, reduksi, dan penarikan kesimpulan, dengan keabsahan data diperkuat menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya lembaga pendidikan dalam menerapkan nilai-nilai karakter melibatkan tiga aspek, yaitu karakter religius, karakter disiplin, dan karakter tanggung jawab. Kegiatan kajian keislaman atau rohis setiap hari minggu di mushola atau aula sekolah menjadi sarana untuk membentuk karakter religius. Penerapan aturan dan tata tertib siswa, serta sikap disiplin guru dalam menyambut peserta didik di gerbang sekolah, merupakan bentuk pengembangan karakter disiplin. Pemberian tugas kepada peserta didik menjadi implementasi karakter tanggung jawab. Hambatan yang dihadapi lembaga pendidikan melibatkan faktor internal, seperti kurikulum yang kurang fokus pada karakter, sikap guru yang kurang profesional, dan kurangnya kepercayaan diri peserta didik. Faktor eksternal mencakup pengaruh lingkungan sosial di luar sekolah, media sosial, teknologi modern, lingkungan sosial dan ekonomi keluarga, serta kurangnya pengawasan orang tua. Semua faktor tersebut menjadi hambatan dalam internalisasi nilai-nilai karakter oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Tri Handayan, Nindininditrihandayani4@gmail.com
Nelson, Nelsonnelsoncurup@gmail.com
Amrullah, Amrullahamrullah@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:36
Last Modified: 24 Jan 2024 03:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5595

Actions (login required)

View Item View Item