Pengaruh Faktor Emosional dan Faktor Rasional Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah Mandiri kc. Curup

Kamal, Siti Ardelia (2019) Pengaruh Faktor Emosional dan Faktor Rasional Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah Mandiri kc. Curup. Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Pengaruh Faktor Emosional dan Faktor Rasional Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah Mandiri Kc. Curu.pdf

Download (1MB)

Abstract

emosional dan rasional merupakan bentuk-bentuk pikiran dari diri manusia, Faktor emosional dan rasional digunakan dalam penelitian ini karena melihat dari nasabah berfikir secara rasional (logis) hanya menginginkan keuntungan saja dalam bertransaksi di perbankan, dan secara emosional (rasa, keagamaan) nasabah lebih memilih bertransaksi melihat kehalalan produk perbankan. Melihat dari dua hal tersebut nasabah yang memiliki sikap dominan emosional dalam memilih bank syariah jika nasabah tersebut mendapatkan keuntungan sedikit dia bisa menerimannya asalkan produk atau bank yang ia gunakan halal. Nasabah yang memiliki sikap rasional dalam memilih bank, jika bank syariah memiliki keuntungan yang kecil daripada bank konvensional maka nasabah memilih bank tersebut dengan membuka tabungan ataupun melakukan transaksi di perbankan dengan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Penelitian lapangan (field research) ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan mengolah data berupa angka yang didapatkan dari kuisioner dan kemudian mendeskripsikan dan menyimpulkan hasil data tersebut guna mengetahui signifikasi pengaruh faktor emosional dan faktor rasional terhadap nasabah dalam memilih Bank Syariah Mandiri KC Curup. Serta diperkuat dengan menggunakan indepth interview (wawancara) dalam menganalisa fenomena yang terjadi. Data yang dikumpulkan melalui kuisioner nasabah Bank Syariah Mandiri KC Curup sebagai penguat data dari kuisioner. Temuan dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat hubungan yang signifikan secara parsial yaitu 3,62% antara faktor rasional terhadap nasabah dalam memilih Bank Syariah Mandiri KC Curup; (2) Terdapat hubungan yang signifikan secara simultan yaitu 19,97% antara faktor emosional dan rasional terhadap nasabah dalam memilih Bank Syariah Mandiri KC Curup, serta didapatkan bahwa 70,1% variabel nasabah memilih dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen yang dalam hal ini ialah faktor emosional dan faktor rasional. Sedangkan selisihnya 29,9% (100% 70,1%) yakni dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan (diteliti ), (3) Dalam variabel faktor emosional dan rasional terdapat variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap nasabah memilih Bank Syariah Mandiri KC Curup yaitu Faktor rasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Kamal, Siti ArdeliaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerKisworo, BudiUNSPECIFIED
ReviewerAndriko, AndrikoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Faktor emosional; faktor rasional; Keputusan Nasabah memilih.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 29 Oct 2019 13:46
Last Modified: 29 Oct 2019 13:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item View Item