Problematika guru Dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran ipas Di kelas 4 sdn 77 rejang lebong

SEPTI ARIANI, DWI and Rahman, Abdul and Rahmat, Jamaludin (2023) Problematika guru Dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran ipas Di kelas 4 sdn 77 rejang lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
skripsi septi-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran IPAS Di Kelas 4 SDN 77 Rejang Lebong ABSTRAK Kurikulum Merdeka Belajar sudah diterapkan di SDN 77 Rejang Lebongmeskipun tidak terlepas dari berbagai permasalahan yang ada. Penerapannya masihditerapkan secara bertahap yaitu kelas I dan IV, yang mana penerapannya tidak terlepas dari permasalahan baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk:1) Untuk mengetahui problematika yang dialami guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran IPAS dikelas 4 SDN 77 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ialah kepala sekolah, guru, dan siswa IV. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsaan data dilakukan dengan Triangulasi Teknik. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa di SDN 77 Rejang terdapat problematika guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar pada perencanaan, pelaksanaan dan penilaian Pada pembelajaran IPAS adalah kesulitan menganalis CP, merumuskan TP dan menyusun ATP dan Modul Ajar, menentukan metode dan strategi pembelajaran, minimnya kemampuan menggunakan teknologi, terbatasnya buku siswa, kurangnya kemampuan dan kesiapan menggunakan metode dan media pembelajaran, materi ajar terlalu luas, menentukan proyek kelas IV, kurangnya alokasi waktu pembelajaran berbasis proyek, menentukan bentuk asesmen dan bentuk asesmen pada pembelajaran berbasis proyek. Lebong sudah menerapkan berbagai konsep dari Merdeka Belajar dari pembuatan administrasi perencanaan pembelajaran meskipun masih dibuat secara berkelompok, menerapkan pembelajaran berbasis proyek kelas maupun proyek sekolah, dan penerapan Profil Pelajar Pancasila meskipun masih perlu adanya perbaikan dan pengembangan karena baru satu tahun proses implementasinya. Hal ini agar konsep Kurikulum Merdeka Belajar yang ingin dicapai dapat terealisasikan dengan baik. Kata Kunci : Problematika, Kurikulum Merdeka Belajar, pembelajaran IPAS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
SEPTI ARIANI, DWIdwisepti1919@gmail.com
Rahman, Abdulabdulrahman@iaincurup.ac.id
Rahmat, Jamaludinjamaludinrahmat@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Problematika, Kurikulum Merdeka Belajar, pembelajaran IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:48
Last Modified: 23 Jan 2024 03:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5587

Actions (login required)

View Item View Item