Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN 07 Rejang Lebong

suhartini, novi sela and Wahyudi, Edi and Putri, Dini Palupi (2023) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN 07 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Novi Sela Suhartini (18591095).docx.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi adanya aktifitas siswa dalam kelompok yang cenderung pasif, kurangnya kegiatan praktek, dan pembelajaran yang dilakukan masih bersifat teacher centered sehingga membuat pembelajaran menjadi monoton dan berdampak negative pada hasil belajar siswa. Strategi pembelajaran yang tepat diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 07 Rejang Lebong. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 07 Rejang Lebong sebelum dan setelah penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing, serta sejauh mana pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing ini meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 07 Rejang Lebong. Jenis penelitan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen. Penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre eksperimental design bentuk one group pretest posttest design. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes dan observasi. Siswa kelas V SD Negeri 07 Rejang Lebong berjumlah 24 siswa yang dijadikan sampel penelitian ini. Tes objektif pilihan ganda (multiple choice) merupakan alat yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur pengaruh hasil belajar IPA. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa hasil belajar pritest siswa dengan nilai minimal 15, nilai maksimal 60, dengan nilai rata-rata 37,5. Sedangkan hasil belajar pritest siswa dengan nilai minimal 60, nilai maksimal 95, dengan nilai rata-rata 77,5. Hipotesis thitung sebesar 13,87 sedangkan ttabel sebesar 1,717. Maka Ha diterima dan Ho ditolak karena nilai thitung lebih besar dari ttabel atau thitung > ttabel yaitu 13,87 > 1,717. Maka penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 07 Rejang Lebong sehingga mendukung hipotesis dalam penelitian ini. Dengan demikian, strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dapat digunakan dalam pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 07 Rejang Lebong. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, IPA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
suhartini, novi selaUNSPECIFIED
Wahyudi, Ediediwahyudi@iaincurup.ac.id
Putri, Dini PalupiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:28
Last Modified: 22 Jan 2024 03:28
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5581

Actions (login required)

View Item View Item