Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bumi dan Tata Surya Kelas V MIN 03 Kepahiang

Sari, Irma Fidya and Arbani, Wiwin and Yulizah, Yosi (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bumi dan Tata Surya Kelas V MIN 03 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah yaitu nilai yang dperoleh siswa tidak memuaskan karena media pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang bervariasi. Oleh karena itu peneliti memutuskan untuk menggunakan media Pop-Up Book. penelitian ini bertujuan; 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran Pop-Up Book dengan hasil belajar siswa yang diajarkan secara konvensional; 2)untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Pop-Up Book terhadap hasil belajar siswa pada materi Bumi dan Tata Surya kelas V MIN 03 Kepahiang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian True eksperimen desain Pretest-Posttest control group. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas V, yang dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Dari hasil proses penerapan media pembelajaran terdapat perbedaaan antara nilai pretest dan posttest yang dimana nilai posttest lebih baik, artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah perlakuan; 2) perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol, hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan media dalam proses pembelajaran IPA pada kelas V, diperoleh rata-rata tes akhir (posttest) 75,24, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional diperoleh rata-rata posttest 63,62. Berdasarkan hasil rata-rata posttest bahwa pembelajaran menggunakan media dalam proses media pembelajarannya, memiliki hasil yang lebih baik;

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Irma FidyaUNSPECIFIED
Arbani, Wiwinwiwinarbaniw@iaincurup.ac.id
Yulizah, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:03
Last Modified: 02 Feb 2024 08:09
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5576

Actions (login required)

View Item View Item