Pengaruh Model Pembelajaran Novick Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Smp Negeri 5 Rejang Lebong

Sari, Sindi Melita and Syaripah, Syaripah and Septiana, Anisya (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Novick Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Smp Negeri 5 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Sindi Melita Sari OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Novick terhadap kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gaya belajar visual. 2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Novick terhadap kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gaya belajar auditori. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Novick terhadap kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gaya belajar kinestetik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis komparatif. Desain penelitian yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Rejang Lebong. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dan sampel penelitian yaitu kelas VIII C. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan penalaran matematis (pretest dan post-test), angket gaya belajar, observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas serta uji hipotesis menggunakan Uji-T Paired Sampel T-Test. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Pengaruh model pembelajaran Novick terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya belajar visual, hasil rata-rata post-test 67,57 dan pretest 27,93 dengan nilai Sig.0.000/2 < 0,05 artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Novick terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya belajar visual. 2) Pengaruh model pembelajaran Novick terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya belajar auditori, hasil rata-rata post-test 64,00 dan pretest 27,42 dengan nilai Sig.0.000/2 < 0,05 artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Novick terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya belajar auditori. 3) pengaruh model pembelajaran Novick terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya belajar kinestetik, hasil rata-rata post-test 38,29 dan pretest 29,57 tetapi nilai Sig.0.504/2 > 0,05 artinya tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Novick terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya belajar kinestetik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Sindi MelitaUNSPECIFIED
Syaripah, Syaripahsyana1401@gmail.com
Septiana, Anisyaanisyaseptiana@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:41
Last Modified: 15 Jan 2024 04:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5567

Actions (login required)

View Item View Item