Upaya Dosen Pendidikan Agama Islam Dalam Menyiapkan Mahasiswa Mengahadapi Tantangan Digital

Putra, Prima Aode and Fakhruddin, Fakhruddin and Indrawari, Karliana (2023) Upaya Dosen Pendidikan Agama Islam Dalam Menyiapkan Mahasiswa Mengahadapi Tantangan Digital. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Full 1-5.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah paradigma pendidikan, mempengaruhi cara mahasiswa belajar, dan menuntut penyesuaian dari para pendidik, terutama dalam mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tantangan digital yang dihadapi mahasiswa dan metode pembelajaran yang diterapkan oleh dosen PAI dalam menyiapkan mahasiswa menghadapi Era digital. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan solusi dan rekomendasi metode pembelajaran yang dapat memadukan nilai-nilai agama dengan tantangan teknologi, sehingga memungkinkan mahasiswa memahami dengan baik dan bijaksana dalam menghadapi era digital. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran yang relevan dalam mata kuliah PAI di tengah era digital saat ini. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini adalah para Dosen Pendidikan Agama Islam di IAIN Curup, dipilih melalui teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan tujuan untuk mengungkapkan tantangan, hambatan, serta upaya yang dilakukan dosen dalam menghadapi perubahan teknologi dalam proses pembelajaran. Penggunaan triangulasi sumber, teknik digunakan untuk memastikan kredibilitas data yang diperoleh. Mahasiswa Pendidikan Islam di IAIN Curup menghadapi tantangan digital dalam proses pembelajaran. Permasalahan kesadaran teknologi, penggunaan optimal teknologi, dan kecenderungan 'copypaste' jadi fokus. Integrasi teknologi dalam kurikulum, keterbatasan akses, dan dampak negatif kemajuan digital jadi hambatan. Pemahaman etika dan moral, serta kebijakan memilih media digital kunci peningkatan pembelajaran. Metode pembelajaran tradisional tetap relevan, serta metode pembelajaran yang lain juga dapat dipadukan dengan teknologi. Akses perangkat seperti smartphone dan AI (Artificial Intellegence) mendukung, namun kendala infrastruktur dan kurangnya kesadaran tren digital jadi hambatan. Mahasiswa harus mengatasi kurangnya keterampilan teknologi. Tantangan melibatkan sumber daya manusia, teknologi, dan akses internet

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putra, Prima AodeUNSPECIFIED
Fakhruddin, Fakhruddinfakhruddin@iaincurup.ac
Indrawari, Karlianakarlianaindrawari@gmail.com
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:12
Last Modified: 15 Jan 2024 03:12
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5565

Actions (login required)

View Item View Item