Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik Di Tk Al-Qur’an Hafazhah Karang Anyar Curup Timur

Ramadhani, Ihksan and Taqiyuddin, Muhammad and Harahap, Emmi Kholilah (2023) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik Di Tk Al-Qur’an Hafazhah Karang Anyar Curup Timur. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
IHKSAN RAMADHANI (1).pdf

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai pendidikan islam pada peserta didik di TK Al-Qur’an Hafazhah Karang Anyar Curup Timur, untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai pendidikan islam dari guru kepada anak-anak di TK Al-Qur’an Hafazhah Karang Anyar Curup Timur. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu hasil wawancara dengan Kepala Sekolah dan guru-guru kelas di TK Al-Qur’an Hafazhah. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian internalisasi nilai-nilai pendidikan islam pada peserta didik di TK Al-Qur’an Hafazhah diperoleh beberapa tahapan dalam proses pembelajaran, (1) tahap transformasi nilai (ta’lim), adalah proses transfer ilmu pengetahuan sekaligus nilai-nilai yang terdapat dalam ilmu pengetahuan; (2) tahap transaksi nilai (tarbiyyah), menurut Naqib Al-atas tarbiyyah memiliki pengertian mendidik, memelihara, menjaga, dan membina semua ciptaannya; (3) tahap trans-internalisasi (ta’dib), tahap ini guru dengan melihat keadaan peserta didik menggunakan metode yang sesuai agar nilai yang ingin ditanamkan menjadi bagian dari karakter atau adab dalam diri peserta didik. Salah satu contoh metode yang dicontohkan Rasulullah SAW. Menggunakan pembiasaan. Adapun faktor pendukung dalam proses internalisasi nilai-nilai pendidikan islam yaitu, dukungan dari orang tua atau wali murid, kepala sekolah memberi dukungan kepada guru kelas, sarana dan prasarana, APE (alat peraga edukasi). Faktor penghambat yaitu, guru dan wali murid tidak singkron, ilmu pengetahuan pendidik yang kurang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ramadhani, Ihksandaniramadhan@gmail.com
Taqiyuddin, Muhammadtaqiyuddin1402@gmail.com
Harahap, Emmi Kholilahemmiharahap57@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 12 Jan 2024 09:00
Last Modified: 12 Jan 2024 09:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5561

Actions (login required)

View Item View Item