Pemerolehan Bahasa Anak Pada Tahap Pra-Operasional (Usia 4-5 Tahun) Di PAUD Harapan Bangsa Desa Aremantai Kabupaten Muara Enim (Kajian Psikolinguistik)

Heriani, Vera and Khair, Ummul and Hartati, Meri (2023) Pemerolehan Bahasa Anak Pada Tahap Pra-Operasional (Usia 4-5 Tahun) Di PAUD Harapan Bangsa Desa Aremantai Kabupaten Muara Enim (Kajian Psikolinguistik). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PEMEROLEHAN BAHASA ANAK PADA TAHAPPRA -OPERASIONAL (USIA 4-5 TAHUN) DI PAUD HARAPAN BANGSA DESA A.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini ialah bagaimana pemerolehan bahasa anak usia 4-5 tahun pada tahap praoperasional di PAUD Harapan Bangsa Desa Aremantai Kabupaten Muara Enim (Kajian Psikolinguistik). Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pemerolehan bahasa anak usia 4-5 tahun pada tahap praoperasional di PAUD Harapan Bangsa Desa Aremantai Kabupaten Muara Enim (Kajian Psikolinguistik).. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data berupa percakapan anak usia 4-5 tahun pada saat berkomunikasi dengan teman dan guru di PAUD Harapan Bangsa Desa Aremantai Kabupaten Muara Enim. Data dalam penelitian ini berupa percakapan dan dokumentasi anak di dalam kelas, informan atau subjek penelitiannya adalah anak usia 4-5 tahun di PAUD Harapan Bangsa Desa Aremantai Kabupaten Muara Enim. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi (teknik simak, rekam, dan catat), wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu peimeiroileihan bahasa anak usia 4-5 tahun di PAUD Harapan Bangsa Deisa Areimatai Kabupatein Muara Einim. Peimeiroileihan bahasa anak ini ada yang teirjadi kareina diseingaja dan ada pula kareina spointanitas. Berdasarkan hasil penelitian Anak usia 4-5 tahun sudah memperoleh kalimat deklratif. Kemudian sebagian anak sudah mampu memperoleh kalimat imperatif dan sebagian lagi belum mampu, kalimat imperatif yang telah diperoleh yaitu kalimat imperatif taktransitif, kalimat imperatif transitif, kalimat imperatif halus yang ditandai dengan kata tolong, kalimat imperatif permintaan yang ditandai dengan kata minta, mereka sudah mampu meminta sesuatu yang abstrak dan konkret. Selain itu juga, mereka sudah mengetahui kata tolong tapi belum mampu menyampaikannya karena anak masih bersifat egosentrisme. Kemudian anak usia 4-5 tahun di PAUD Harapan Bangsa Aremantai sudah mampu memperoleh kalimat interogatif. Terakhir, anak usia 4-5 tahun di PAUD Harapan Bangsa sudah mampu memperoleh kalimat ekslamatif untuk menyatakan emosi namun sebagian lagi belum mampu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Heriani, Veraveraharyani35@gmail.com
Khair, Ummulummulkhair1213@gmail.com
Hartati, Merimerryhartati8055@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:01
Last Modified: 12 Jan 2024 03:01
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5558

Actions (login required)

View Item View Item