Pengaruh Aplikasi Quiz Whizeer Terhadap Hasil Belajar IPAS Di Kelas IV SD N 38 Rejang Lebong

Sahara, Widya and Zulaiha, Siti and Yulizah, Yosi (2023) Pengaruh Aplikasi Quiz Whizeer Terhadap Hasil Belajar IPAS Di Kelas IV SD N 38 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
skripsi widya kaset1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh realitas masih rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu peneliti memutuskan menggunakan media pembelajaran game interaktif dengan menggunakan Aplikasi Quiz Whizeer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana perbedaan hasil belajar siswa pada materi sumber energi dengan menggunakan game interaktif Quiz whizzer?. 2) apakah ada pengaruh penggunaan game interaktif terhadap hasil belajar siswa dalam materi sumber energi menggunakan Quiz whizzer?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Perbedaan hasil belajar siswa pada materi sumber energi dengan menggunakan game interaktif Quiz whizzer 2) Pengaruh penggunaan game interaktif terhadap hasil belajar siswa dalam materi sumber energi menggunakan Quiz whizzer. Metodologi Penelitian ini adalah Kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent control grub desaign. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV, yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas Eksperimen dan kelas control. Dari hasil proses penerapan media pembelajaran terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest yang dimana nilai posttest lebih baik, artinya terdapat peningkatan siswa setelah diberi perlakuan; Perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol, Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan media dalam proses pembelajaran IPAS pada kelas IV, diperoleh rata-rata posttest 92, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional diperoleh rata-rata posttest 80. Berdasarkan hasil rata-rata posttest bahwa pembelajaran menggunakan media dalam proses pembelajarannya, memiliki hasil yang lebih baik; Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan sebagai media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 38 Rejang Lebong, berdasarkan uji hipotesis Independet sample t test, diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,005, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest, yang artinya ada pengaruh media pembelajaran berbasis game interaktif dengan menggunakan Aplikasi Quiz Whizeer terhadap hasil belajar dalam meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SDN 38 Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sahara, Widyawsahara54@gmail.com
Zulaiha, Sitisitizulaiha@iaincurup.ac.id
Yulizah, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 12 Jan 2024 04:03
Last Modified: 12 Jan 2024 04:03
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5544

Actions (login required)

View Item View Item