Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Al-Qur'an Di SMA Muhammadiyah Boarding School Kabupaten Musi Rawas

Pratama, Adetia and Bahri, Syaiful and Siswanto, Siswanto (2023) Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Al-Qur'an Di SMA Muhammadiyah Boarding School Kabupaten Musi Rawas. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI ADETIA PRATAMA MPI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu aspek yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu pendidikan yaitu aspek kurikulum dan kurikulum adalah jantungnya pendidikan. Sehingga skripsi ini membahas tentang Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an di SMA Muhammadiyah Boarding School, Desa Sri Mulyo Kec. STL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas sudah berjalan dan terlaksana akan tetapi dalam pelaksanaanya belum maksimal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif. Sumber data kepala sekolah, dewan guru dan para peserta didik. Tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi dengan tekhnik pengumpulan data berupa, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan yang pertama proses kegiatan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an di SMA Muhammadiyah Boarding School sudah ada tetapi belum maksimal, ada tiga hal yang dideskripsikan sehubung dengan implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an di SMA Muhammadiyah Boarding School yaitu: tahapan perencanaan kurikulum, tahapan pelaksanaan kurikulum dan tahapan evaluasi kurikulum. Pada proses perencanaan kurikulum membuat rencana program tahunan (prota), program semester (promes), silabus, serta membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Tahapan pelaksanaan kurikulum meliputi: kegiatan bimbingan konseling, kegiatan pembiasaan JUMSIH (jum’at bersih), 3S (senyum, sapa, salam), kegiatan pembelajaran Al-Qur’an seperti, tafsir, tajwid, hafalan dan berdiskusi. Tahapan evaluasi kurikulum: evaluasi kurikulum menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Kemudian faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an di SMA Muhammadiyah Boarding School Kabupaten Musi Rawas. Faktor pendukung, diantaranya: adanya kepala sekolah sebagai motivator utama dan guru sebagai penggerak (Support) dalam hal pendidikan untuk menyampaikan pembelajaran dan pengajaran. Faktor penghambat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an yaitu: kurangnya sarana dan prasarana dari segi fasilitas dan minat belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Pratama, Adetiapratamaadetia08@gmail.com
Bahri, Syaifulsyaiful@iain.curup.ac.id
Siswanto, Siswantosiswanto@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:20
Last Modified: 11 Jan 2024 07:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5543

Actions (login required)

View Item View Item