Pengaruh Media Pembelajaran Short Movie Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SDN 81 Rejang Lebong

Adesi, Ria and Zulaiha, Siti and Yulizah, Yosi (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Short Movie Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SDN 81 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI_RIA_ADESI0303_FIKS_CETAK[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi olleh adanya masalah yaitu nilai yang di perolleh siswa tidak memuaskan karena media pembelajaran yang di terapkan olleh guru kurang bervariasi. Olleh karena itu penelitih memutuskan untuk menggunakan media Sholrt Molvie. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media Sholrt Molvie terhadap hasil belajar dalam pembelajaran IPAS kelas IV SDN 81 Rejang Lebolng. Metolde penelitian ini menggunakan metolde kuantitatif. Dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experiment). Sedangkan desain penelitian yang digunakan yaitu noln equivalent colntroll grolup desain, yaitu dengan melakukan (pretest) dan (polsttes) di kelas kolntoll, dan di kelas eksperimen melakukan (pretest) lalu dikenakan perlakukan(treatment) kemudian dilakukan tes akhir (polstest). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis paired sampel t test, pretest posttest pada kelas eksperimen, diketahui nilai Sig-(2 tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,005, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest pada kelas eksperimen, yang artinya ada pengaruh penggunaan media pembelajaran Short Movie dalam meningkatkan hasil belajar IPAS. Hasil penelitian meinunjukkan bahwa teirdapat peirbeidaan yang signifikan antara preistasi beilajar siswa keilas eikspeirimein deingan preistasi beilajar siswa keilas kolntroll didapatkan hasil preiteist keilas kolntroll nilai rata-rata 35, seidangkan hasil preiteist keilas eikspeirimein didapatkan nilai rata-rata 43. Keimudian dari hasil polstteist keilas kolntroll didapatkan nilai rata-rata 64 seidangkan untuk keilas eikspeirimein didapatkan nilai rata-rata 68. Perhitungan uji hipotesis paired sampel t test, pretest posttest pada kelas eksperimen, diketahui nilai Sig-(2 tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,005, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest pada kelas eksperimen, yang artinya ada pengaruh penggunaan media pembelajaran Short Movie dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 81 Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Adesi, Riariaadesi0112@gmail.com
Zulaiha, Sitilayesfakh0515@gmail.com
Yulizah, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 12 Jan 2024 04:00
Last Modified: 12 Jan 2024 04:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5540

Actions (login required)

View Item View Item