Studi Tentang Variasi Metode Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MI Muhammadiyah 10 Karang Anyar

Nur Inayah, Ulfa and Muhammad, Taqiyuddin and Syahindra, Wandi (2023) Studi Tentang Variasi Metode Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MI Muhammadiyah 10 Karang Anyar. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ULFA NUR INAYAH 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah pada proses pembelajaran fiqih kelas V C di MI Muhammadiyah 10 Karang Anyar, metode yang diimplementasikan guru dalam mengajar hanya mengacu pada satu metode pembelajaran saja, yaitu metode ceramah. Sehingga, proses pembelajaran yang dilakukan cenderung menjadi monoton dan tidak efektif. Sedangkan, dalam mewujudkan proses pembelajaran yang efektif dibutuhkan beberapa variasi metode pembelajaran guna menunjang keberhasilan pembelajaran tersebut. Untuk itu, penelitian ini penting dilakukan guna mengetahui bagaimana metode yang bervariasi di MI Muhammadiyah 10 Karang Anyar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis, seberapa tinggi pelaksanaan dan tingkat keberhasilan penerapan variasi metode pembelajaran yang diselenggarakan. Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif dengan metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) pelaksanaan pembelajaran fiqih kelas V C di MI Muhammadiyah 10 Karang Anyar telah mengunakan metode pembelajaran yang cukup bervariasi. Adapun bentuk variasi metode pembelajaran yang diimplementasikan, yaitu: pertama, Metode ceramah, kedua, Metode Tanya jawab, ketiga metode diskusi, kempat, metode resitasi, kelima metode praktik, keenam, metode talking stick, ketujuh metode example non example, kedelapan metod card short. 2.) penerapan pembelajaran mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan telah baik, namun evaluasi metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang optimal dan proses pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Fiqih di MI Muhammadiyah 10 Karang Anyar sudah menggunakan metode pembelajaran yang cukup bervariasi, yaitu menggunakan lebih dari dua atau tiga metode pembelajaran dalam satu kali proses pembelajaran. Adapun penerapan dari variasi metode yang diterapkan selama proses pembelajaran yaitu melalui perencanaan, penggunaan, dan evaluasi. 3.) Dalam menerapkan metode pembelajaran tersebut juga tidak lepas dari faktor-faktor yang mendorong guru fiqih lancar dalam proses pembelajaran antara lain : a. ketetapan guru dalam menerapkan metode, b. sumber belajar, c. sarana atau alat media, d. suasana belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nur Inayah, Ulfaulfanurinayah046@gmail.com
Muhammad, Taqiyuddinmtaqiyudin@gmail.com
Syahindra, Wandiwandi.syahindra@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:23
Last Modified: 19 Jun 2024 07:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5539

Actions (login required)

View Item View Item