Strategi Pemasaran Produk Arrum Haji Dalam Menarik Minat Nasabah Pada Pt. Pegadaian Kabupaten Lebong

Nadia Faras, Gayatri and Komala Dewi, Ratih and Wijaya, Harianto (2023) Strategi Pemasaran Produk Arrum Haji Dalam Menarik Minat Nasabah Pada Pt. Pegadaian Kabupaten Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
GAYATRI NADIA FARAS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Produk Arrum Haji adalah sebuah produk yang diluncurkan oleh Pegadaian Syari’ah memberikan kemudahan pendaftaran dan pembiayaan Haji. Pada tahun 2021 sampai akhir tahun 2022 ini penggadaian UPC Muara Aman baru mendapatkan 1 nasabah kemudian dipertengahan tahun 2023 bertambah menjadi 3 nasabah. Dalam mendapatkan nasabah tentunya telah menggunakan strategi yang ditetapkan sesuai SOP yakni prinsip 4P. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah strategi pemasaran produk Arrum Haji yang dilakukan Pegadaian Kabupaten Lebong dalam menarik minat nasabah menggunakan produk tersebut dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi kendala dalam melakukan strategi pemasaran pada produk Arrum Haji untuk menarik minat nasabah di Kabupaten Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah manajerial yang ada di PT. Pegadaian UPC Muara Aman Kabupaten lebong. Dari penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil bahwa strategi yang digunakan dalam prinsip 4P yakni, product, price, place, promotion selain menggunakan prinsip 4P tersebut pihak pegadaian menerapkan strategi dengan mengunjungi kantor-kantor, sekolah-sekolah, melakukan seminar mini, dan menyebarkan brosur secara langsung ataupun menggunakan grup WhatsApp nasabah agar dapat menarik minat nasabah. Yang menjadi kendala dalam melakukan strategi pemasaran pada produk Arrum Haji untuk menarik minat nasabah di Kabupaten Lebong. Kurangnya karyawan Pegadaian terkusus untuk memasarkan produk Arrum Haji, tidak cukup modal dalam melakukan pembiayaan Arrum Haji, adanya persaingan dalam memasarkan produk Arrum Haji, syarat utama yang memberatkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nadia Faras, Gayatrigayatrinadiafaras@gmail.com
Komala Dewi, Ratihratihkomala23@gmail.com
Wijaya, HariantoWijayamharianto@yahoo.co.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:20
Last Modified: 11 Jan 2024 04:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5532

Actions (login required)

View Item View Item