Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Jannah, Radhipa Rohmatul and Widianita, Rika and Ilhamiwati, Mega (2023) Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sarjana thesis, Institute Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Radhipa Rohmatul Jannah - Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM).pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Kemajuan teknologi memaksa kita untuk terus berkembang dan berinovasi agar dapat bertahan hidup dan beradaptasi dengan keadaan sekarang. UMKM sebagai sumber pendapatan yang sangat mudah untuk dijalankan membutuhkan kemajuan teknologi untuk terus bertahan dan mampu bersaing dengan UMKM lainnya. UMKM yang baru menjalankan usahanya dan yang sudah lama merintis sering menghadapi kesulitan-kesulitan dalam menjalankan usahanya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, yang diperoleh dari hasil: observasi, wawancara, dokumentasi, melalui penelitian terdahulu, buku-buku, jurnal, dan sumber lainnya yang relevan dengan penelitian ini. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi Nvivo 12 Pro dengan proses analisis data secara empat tahap yaitu: import data, coding data, visualisasi data, dan ekstrak data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: UMKM memiliki peran yang penting dalam perkembangan perekonomian Desa Suka Sari. Kehadiran media sosial memiliki peran aktif dalam meningkatkan pendapatan UMKM. Media sosial berperan dalam meningkatkan pendapatan UMKM Desa Suka Sari sebagai alat pemasaran, sarana peningkatan penjualan dan upaya peningkatan pendapatan. Peran media sosial sebagai alat pemasaran berperan untuk media informasi dan pemecah masalah UMKM. Peran media sosial sebagai saran peningkatan penjualan memberikan manfaat pada peningkatan jangkauan pemasaran dan memberikan kepuasan kepada konsumen. Peran media sosial sebagai upaya peningkatan pendapatan terlihat dengan adanya pendapatan yang terus meningkat dan banyak kebutuhan UMKM yang terpenuhi. Selain itu UMKM juga merasakan kendala dalam menggunakan media sosial khususnya kendala pada jaringan dan kurangnya pemahaman UMKM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Jannah, Radhipa RohmatulUNSPECIFIED
Widianita, RikaUNSPECIFIED
Ilhamiwati, MegaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media sosial, meningkatkan pendapatan, UMKM
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:13
Last Modified: 18 Jan 2024 03:13
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5530

Actions (login required)

View Item View Item