Pengaruh Promosi Dan Harga Emas Terhadap Minat Masyarakat Kelurahan Talang Rimbo Lama Pada Produk Cicil Emas Di Bsi Kc Curup

Oktari, Fiyona and Umam Khudori, Khairul and Arli Silvia, Sineba (2023) Pengaruh Promosi Dan Harga Emas Terhadap Minat Masyarakat Kelurahan Talang Rimbo Lama Pada Produk Cicil Emas Di Bsi Kc Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI_FIYONA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Promosi merupakan teknik komunikasi antara penjual dan pembeli sebagai cara untuk meningkatkan penjualan. Promosi merupakan salah satu faktor penting yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan dalam rangka menawarkan atau memperkenalkan suatu produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Harga adalah sejumlah uang atau nominal yang harus dibayar ketika membeli sesuatu. Besar kecilnya harga dapat dipengaruhi oleh banyak atau besarnya manfaaat suatu barang tersebut. Aspek yang dinilai dapat mempengaruhi suatu minat adalah promosi dan harga. Masalah pada penelitian ini adalah masih rendahnya nasabah produk cicil emas yang ada di Bank Syariah Indonesia KC Curup dibandingkan dengan produk-produk lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang terjadi antara promosi dan harga emas terhadap minat masyarakat Kelurahan Talang Rimbo Lama pada produk cicil emas di BSI KC Curup. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner atau angket yang disebarkan kepada 67 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik non-probability sampling karena tidak semua anggota populasi bisa menjadi sampel. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling karena berdasarkan kriteria-kriteria atau suatu pertimbangan tertentu. Dalam perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Metode penelitian menggunakan uji analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh terhadap minat masyarakat dengan nilai t-hitung sebesar 2.048 > t-tabel 1.669 dengan tingkat signifikansi 0.040 < 0.05. Harga Emas tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat dengan nilai t-hitung sebesar -1.248 > t-tabel 1.669 dengan tingkat signifikansi 0.017 < 0.05. Selanjutnya terdapat pengaruh antara promosi dan harga emas yang secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi minat masyarakat dengan nilai f-hitung 3.302 > 3.14 dan nilai signifikan 0.048 < 0.05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Oktari, Fiyonafiyonaoktari@gmail.com
Umam Khudori, Khairulkhairulumamkhudori@iaincurup.ac.id
Arli Silvia, Sinebanneeba@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:42
Last Modified: 10 Jan 2024 07:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5528

Actions (login required)

View Item View Item