Pengaruh Metode Moral Reasoning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 di SDN 12 Rejang Lebong

Enggal, Putri and Baryanto, Baryanto and Meldina, Tika (2023) Pengaruh Metode Moral Reasoning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 di SDN 12 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH METODE MORAL REASONING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 3 DI SDN 12 REJANG LEBONG.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas 3 SDN 12 Rejang Lebong, penelitian ini bertujuan untuk; 1) untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang dijar menggunakan metode moral reasoning dengan motivasi belajar siswa yang diajar dengan metode konvesional di SDN 12 Rejang Lebong; 2) untuk mengetahui pengaruh metode moral reasoning terhadap motivasi belajar Ppkn siswa kelas 3 di SDN 12 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian Quasi eksperimen the non-equivalent protest-only control group desain. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas 3, yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa angket (kuisioner) dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas,homogenitas, dan hipotesis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) dari hasil proses penerapan metode moral reasoning terdapat perbedaan antara motivasi awal dan motivasi akhir yang dimana nilai post lebih baik, artinya terdapat peningkatan motivasi siswa setelah diberi perlakuan; 2) perbedaan yang signifikan antara motivasi post kelas eksperimen dan kelas kontrol, motivasi siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode moral reasoning pada kelas 3, diperoleh rata-rata post 72,18, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvesional diperoleh rata-rata post 71,71. Berdasarkan hasil rata-rata post bahwa motivasi belajar siswa menggunakan metode moral reasoning pada kelas 3 berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas 3 SDN 12 Rejang Lebong, berdasarkan uji hipotesis sampel t, nilai sig sebesar 0,00 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga yang artinya ada pengaruh moral reasoning tehadap motivasi belajar siswa terhadap kelas 3 di SDN 12 Rejang Lebong. maka peneliti dapat memberikan kesimpulan sebagai berikut: 1), Terhadap adanya perbedaan motivasi belajar siswa menggunakan metode moral reasoning dengan metode belajar konvesional terhadap siswa kelas 3 di SDN 12 Rejang Lebong dengan signifikan sebesar 0,262. 2), Terdapat pengaruh metode pembelajaran moral reasoning terhadap motivasi belajar siswa kelas 3 di SDN 12 Rejang Lebong dengan signifikan sebesar 0,253.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Enggal, Putriputrienggal791@gmail.com
Baryanto, Baryantobaryanto@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:44
Last Modified: 08 Jan 2024 03:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5506

Actions (login required)

View Item View Item