Implementasi Metode Wafa Dalam Pembelajaran Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Siswa Kelas 3c Di Sdit Khoiru Ummah

Purnamasari, Lidia and Rahman, Abdul and Siswanto, Siswanto (2023) Implementasi Metode Wafa Dalam Pembelajaran Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Siswa Kelas 3c Di Sdit Khoiru Ummah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
full text.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan metode Pembelajaran yang tepat akan menghasilkan kualitas belajar yang baik, Hal ini yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti tentang implementasi metode wafa dalam pembelajaran Tahsin, membaca Al-Qur’an dengan memperhatikan Makhrojul Huruf nya, Tajwidnya dan Kelancaran membacanya untuk menyempurnakan bacaan Al-Qur’an memang sebaiknya diterapkan dari usia sekolah dasar. Pertanyaan penelitian dalam penelitan ini adalah (1) Bagaimana implementasi metode wafa dalam pembelajaran tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca AlQur’an siswa kelas 3C di Sd It Khoiru Ummah ? (2) Apa saja kendala yang di temukan dalam implementasi metode wafa dalam pembelajaran tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca AlQur’an siswa kelas 3C di Sd It Khoiru Ummah ? Jenis penelitian yang digunakan adalah Jenis penelitian lapangan ( Field Reserch ) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara (Tidak terstruktur) dan dokumentasi. Adapun dalam penelitian ini analisis data dibagi menjadi tahapan berupa Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah, Pertama Implementasi metode Wafa dalam pembelajaran tahsin dikelas 3C, Siswa dikelompokan sesuai dengan kemampuannya, Pada proses pembelajarannya menggunakan metode talaqqi, dan pada evaluasinya dilakukan secara Individu. Kedua Kendala yang ditemukan dalam implementasi metode wafa, Kendala internal yaitu Masih ada siswa yang belum bisa mencapai target, siswa yang belum bisa fokus, kendala ekternal, berasal dari pembiasaan orang tua dirumah pengaruh lingkungan dan teman sebaya yang besar. penerapan metode wafa sudah cukup baik hanya saja masih ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan dari kendala yang ada pihak sekolah sudah mengupayakan sebaik mungkin agar proses pembelajaran menjadi lebih baik lagi. Dari temuan penelitian di atas pentingnya Implementasi metode wafa dalam pembelajaran tahsin dikelas 3C itu sangat penting karena dengan menggunakan metode yang menyenangkan membuat siswa lebih mudah untuk mengerti dan memahami pembelajaran. Kata kunci : Metode Wafa, Tahsin, SDIT Khoiru Ummah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Purnamasari, Lidialidiapurnamasari15@gmail.com
Rahman, Abdulabdulrahman04071972@gmail.com
Siswanto, Siswantosis66505@gmail.com
Subjects: L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:10
Last Modified: 05 Jan 2024 04:10
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5503

Actions (login required)

View Item View Item