Pengaruh media pembelajaran berbasis video dengan menggunakan aplikasi inshot terhadap hasil belajar ipas siswa kelas iv sd n 42 lebong

Lestari, Amelia and Zulaiha, Siti and Yulizah, Yosi (2023) Pengaruh media pembelajaran berbasis video dengan menggunakan aplikasi inshot terhadap hasil belajar ipas siswa kelas iv sd n 42 lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI AMELIA LESTARI_19591011.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS karena strategi dan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Oleh karena itu peneliti memutuskan untuk menggunakan media pembelajaran berbasis video dengan menggunakan aplikasi inshot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis video dengan menggunakan aplikasi inshot terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 42 Lebong. Metodologi penelitian ini adalah Kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control grup design. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV, yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas Eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini Teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi, serta Teknik analisis data berupa uji normalitas,homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Dari hasil proses penerapan media pembelajaran terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest yang dimana nilai posttest lebih baik, artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan; Perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol, hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan media dalam proses pembelajaran IPAS pada kelas IV, diperoleh rata-rata posttest 80, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional diperoleh rata-rata posttest 70,6. Berdasarkan hasil rata-rata posttest bahwa pembelajaran menggunakan media dalam proses pembelajarannya, memiliki hasil yang lebih baik; hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan sebagai media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 42 Lebong, berdasarkan uji hipotesis independent sample t test, diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,005, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest, yang artinya ada pengaruh media pembelajaran berbasis video dengan menggunakan Aplikasi Inshot terhadap hasil belajar dalam meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SDN 42 Lebong

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lestari, Ameliaamelialestari1205@gmail.com
Zulaiha, Sitisitizulaiha@iaincurup.ac.id
Yulizah, Yosiyosiyulizah@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:42
Last Modified: 08 Jan 2024 03:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5485

Actions (login required)

View Item View Item