Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Inside Outside Circle (IOC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Kelas IV MIS Guppi 12 Lubuk Kembang

Safitra, Risa and Rahman, Abdul and Rahmat, Jamalulludin (2023) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Inside Outside Circle (IOC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Kelas IV MIS Guppi 12 Lubuk Kembang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
Fulltext (2).pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKN disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang efektif. Disini peneliti memberikan solusi dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning type inside outside circle (IOC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelilitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil belajar siswa selama kegiatan pembelajaran yang dilakukan selama 2 siklus selalu mengalami peningkatan. Hasil peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai presentase nilai siswa mulai dari pra siklus sampai siklus 2, yaitu : pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa atau sebesar 35%. Memasuki siklus 1 siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa atau sebesar 60% yang menunjukan adanya peningkatan dari pra siklus. Kemudian pada siklus 2 siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa atau sebesar 90% yang menunjukan adanya peningkatan dari siklus 1. Jadi, hasil akhir dapat diperoleh bahwa presentase ketuntasan siswa dalam penelitian ini adalah : pra siklus 35%, siklus 1 60% dan siklus 2 90%. Penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative type Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Type Inside Ouside Circle (IOC), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Safitra, RisaUNSPECIFIED
Rahman, AbdulUNSPECIFIED
Rahmat, JamalulludinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:38
Last Modified: 05 Jan 2024 03:38
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5483

Actions (login required)

View Item View Item