Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Kelas Iv Di Sdn 51 Rejang Lebong

Arbaini, Wiwin and Yulizah, Yosi and Lapenia, Rike (2023) Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Kelas Iv Di Sdn 51 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
RIKE LAPENIA (19591187).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian True Experimen desain Prettes-posttest control group. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) dari hasil penerapan model pembelajaran terdapat perbedaan antara nilai Pretest dan Postest yang dimana nilai posttest lebih baik, artinya terdapat peningkatan kognitif siswa setelah diberikan perlakuan; 2) perbedaan yang signitifikan antara rata-rata hasil posttest kelas ekssperimen dan kelas kontrol, hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model CTL diperoleh rata-rata posttest 83,07 sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional memperoleh rata-rata 73,47. Berdasarkan hasil rata-rata posttest bahwa pembelajaran menggunakan model CTL memiliki hasil yang lebih baik; 3) berdasarkan hasil uji hipotesis independen sampel t-test, diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,005 maka H0 ditolak dan Ha diterima; 4) 4.198 4.198 ≥ Kata kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching Laerning (CTL), Hasil Belajar, IPA and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Model Contextual Teaching Pengetahuan Alam (IPA) di SDN 51 Rejang Lebong. Nilai thitung = = 1.697 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Dengan demikian nilai thitung = dengan N=30 sedangkan nilai ttabel ttabel = 1.697. Yang dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan postet, yang artinya ada pengaruh model CTL terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 51 Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Arbaini, Wiwinwiwin721004@gmail.com
Yulizah, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Lapenia, Rikerikelapenia@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:20
Last Modified: 29 Dec 2023 08:34
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5447

Actions (login required)

View Item View Item