Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk Siswa Kelas IV di MIN 03 Kepahiang

Burleza, Supeni and Botifar, Maria and Iskandar, Zelvi (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk Siswa Kelas IV di MIN 03 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SUPENI BURLEZA ...pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Merdeka Belajar yang dimaknai sebagai rencana belajar yang memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar dengan santai, tenang, tidak tergesa-gesa, gembira tanpa stres yang berlebihan. Merdeka belajar merupakan sebuah keinginan yang akan dicapai oleh siswa baik dari segi jangka pendek maupun jangka panjang dengan ini pendidikan akan menghasilkan kualitas siswa yang lebih baik dan tidak hanya sekedar jago menghafal namun juga memiliki kemampuan analisis yang bagus. Tujuan utama penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui proses Implementasi Perangkat Ajar pada Kurikulum Merdeka di kelas IV di MIN 03 Kepahiang (2) proses Implementasi Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum Merdeka di kelas IV di MIN 03 Kepahiang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data, pemanfaatan bahan referensi dan mengadakan pengecekan atau pemeriksaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menyusun Modul dilakukan secara berkelompok dan diterapkan di kelas secara masing-masing dengan melihat kondisisi dan kebutuhan peserta didik, dan mengambil satu dimensi dalam setiap pembelajaran. Modul ajar meliputi mengidentifikasi tujuan pembelajaran dari capaian pembelajaran, untuk menyusun alur tujuan pembelajaran, asesmen pembelajaran meliputi persiapan berbagai asesmen formatif dan sumatif, seperti lembar ceklis, dan asesmen sumatif berupa lembar soal dan lembar nilai hasil kerja sisiwa. Pelaksanaan pembelajaran meliputi pembelajaran yang bervariasi dan memantau hasill kerja siswa dengan asesmen yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal dan kompetensi yang dimiliki oleh peserta didik, bentuk tes yang diberikan berupa tes tertulis dan lisan. Kata kunci : Implementasi Kurikulum, Merdeka Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Burleza, Supenisupeniburleza@gmail.com
Botifar, Mariamariabotifar@gamil.com
Iskandar, Zelvizelviiskandar@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:51
Last Modified: 22 Dec 2023 03:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5377

Actions (login required)

View Item View Item