Pengembangan LKS Berbasis Collaborative Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas V di SDN 11 Rejang Lebong

Hilva Zahro, Aisyah and Rahmi Nasution, Aida and Mina putra, Muksal (2023) Pengembangan LKS Berbasis Collaborative Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas V di SDN 11 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI AISYAH HILVA ZAHRO.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang digunakan siswa dalam proses pembelajaran belum meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa dalam belajar secara aktif dan mandiri. Hal ini dapat dilihat pada pembelajaran hanya berpusat pada guru dan bahan ajar yang digunakan hanya menggunakan buku cetak dari sekolah. Dengan demikian salah satu upaya yang dapat dilakukan agar meningkatkan aktifitas dan minat belajar siswa adalah dengan menggunakan LKS berbasis collaborative learning yang dapat membantu siswa belajar secara aktif serta mandiri. Adapun untuk tujuan penelitian ini: (1) pengembangan LKS IPS berba|sis collaborative learning, (2) kelayakan LKS IPS berba|sis collaborative learning, (3) efektivitas LKS IPS berba|sis collaborative learning. Jenis penelitian ini adalah R&D yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desaign, Development, Implementation, and Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pengembangan LKS LKS IPS berba|sis collaborative learning menggunakan 5 tahap yaitu (a) analisis kebutuhan diperoleh persenta|se denga|n nila|i ra|ta|-ra|ta| sebesa|r 73,20% denga|n ka|tegori dibutuhka|n; (b) desain dilakukan dengan desain konseptual dan fisikal; (c) pengembangan dilakukan dengan validasi kepada ahli; (d) impelementasi dilakukan uji coba one to one dan small group; (e) evaluas. (2) produk yang dihasilkan dari validasi ahli materi yaitu sebesar 100% dengan ketegori “sangat layak”, ahli media yaitu sebesar 90,58% dengan ketegori “sangat layak” dan ahli bahasa yaitu sebesar 81,66% dengan ketegori “sangat layak”dengan rata-rata penilaian keseluruhan dari ahli 92,30% dengan ketegori “Sangat layak”. LKS dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran. (3) hasil uji efektivitas LKS IPS berba|sis collaborative learning yang dikembangkan diperoleh skor sebesar 68,90% dengan kategori “cukup efektif” untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: LKS, Kemampuan Kolaborasi, Mata Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hilva Zahro, Aisyahaisyahzahro13@gmail.com
Rahmi Nasution, AidaAidarahminasution@gmail.com
Mina putra, MuksalMuksalminaputra@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:48
Last Modified: 22 Dec 2023 03:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5372

Actions (login required)

View Item View Item