Strategi Pemasaran Home Industry Tahu Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Di Desa Dharma Sakti Kecamatan Tuah Negeri

Evrilliana, Silvia and ARIFIN, RAHMAN and ARLI SILVIA, SINEBA (2023) Strategi Pemasaran Home Industry Tahu Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Di Desa Dharma Sakti Kecamatan Tuah Negeri. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRY TAHU DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA DI DESA DHARMA SAKTI KECAMATAN TUAH NEGERI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Strategi pemasaran merupakan suatu rencana menyeluruh yang terintegrasi dalam bidang pemasaran, memberikan panduan untuk kegiatan yang akan dilakukan guna mencapai tujuan pemasaran perusahaan. Dengan kata lain, ini adalah serangkaian tujuan, kebijakan, dan aturan yang memberikan arah pada upaya pemasaran perusahaan dari waktu ke waktu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis pemikiran menggunakan teori 7p bauaran pemasaran (marketing mix). Hasil penelitian menunjukkan bahwa home industry tahu Arini telah berhasil menerapkan sejumlah strategi pemasaran yang berfokus pada (1) strategi produk difokuskan pada penggunaan bahan baku dari kedelai organic dan menciptakan variasi produk sesuai keinginan pelanggan. (2) strategi harga menekankan pentingnya memberikan harga yang wajar dan sebanding dengan nilai produk. (3) strategi tempat berfokus pada pemanfaatan jaringan pengedar keliling untuk menjangkau pasar lokal. (4) strategi orang menitikberatkan pada pelayanan pelanggan yang baik, ramah, dan upaya membangun hubungan yang positif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. (5) strategi proses menunjukkan komitmen pada produksi mandiri dengan menjaga standar kebersihan, kualitas, dan efisiensi dalam setiap tahap produksi. Adapun faktor pendukung dalam usaha home industry tahu Arini melibatkan respons positif terhadap perubahan preferensi pelanggan, komitmen untuk meningkatkan kualitas produk, dan upaya promosi langsung. Sedangkan, faktor penghambat dalam usaha home industry tahu Arini termasuk kenaikan harga bahan baku, kendala biaya produksi, lokasi yang kurang strategis, promosi yang kurang efektif, keterbatasan tenaga kerja, dan kendala dalam manajemen pesanan. Dari penelitian disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang tepat dapat membantu pengusaha home industry tahu Arini dalam meningkatkan pendapatan usahanya. Dengan fokus pada strategi harga yang lebih fleksibel, peningkatan efektivitas promosi dengan memanfaatkan media sosial, serta eksplorasi opsi untuk mengatasi keterbatasan tenaga kerja. Dengan mengatasi kendala-kendala ini, home industry tahu Arini dapat memperkuat posisinya di pasar dan meningkatkan pertumbuhan usahanya. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Industri Rumah Tangga, Peningkatan Pendapatan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Evrilliana, SilviaUNSPECIFIED
ARIFIN, RAHMANUNSPECIFIED
ARLI SILVIA, SINEBAUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Depositing User: Peranan Riski Kurnia Putri
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:27
Last Modified: 21 Dec 2023 03:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5364

Actions (login required)

View Item View Item