Strategi Komunikasi Humas Dalam Melaksanakan Program Kerja Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Rejang Lebong Tahun 2022

Patima, Siti and Verolyna, Dita and Alparedi, Topan (2023) Strategi Komunikasi Humas Dalam Melaksanakan Program Kerja Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Rejang Lebong Tahun 2022. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI SITI PATIMA KPI 2019.pdf

Download (4MB)

Abstract

STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM KERJA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL(BAZNAS) REJANG LEBONG TAHUN 2022 Siti Patima (19521065) Email: sitipatima71@gmail.com ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untu mengetahui strategi komunikasi humas dalam melaksanakan program kerja badan aml zakt nasional (BAZNAS) Rejang Lebong tahun 2022, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan program kerja badan amil zakat nasional (BAZNAS) Rejang Lebong, dilihat dari langkah-langkah strategi komunikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di kantor badan amil zakat nasional (BAZNAS) Rejang Lebong. Adapun metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data skunder dan primer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode yaitu pengumpulan data reduksi, penyajian dan kesimpulan. Berdasarkan analisi yang dilakukan peneliti menyimpulkan bahwa strategi komunikasi humas dalam melaksanakan program kerja badan aml zakt nasional (BAZNAS) Rejang Lebong tahun 2022 dilihat dari langkah-langkah strategi komunikasi yaitu mengenali sasaran komunikasi, media yang digunakan, tujuan BAZNAS dalam melaksanakan program kerja dan peranan BAZNAS Rejang Lebong. Sedangkan untuk faktor pendukung dalam melaksanakan program kerja BAZNAS Rejang Lebong yaitu sarana prasarana yang mendukung, media yang digunakan, adanya simba (sistem akuntansi), berkerja sama dengan pemerintah daerah, dinas KB, dinas sosial, PKH, PKBM, berkerja sama dengan pihak kecamatan, kelurahan dan desa. Faktor penghambat dalam melaksanakan program kerja BAZNAS Rejang Lebong yaitu turunan zakat yang masuk ke kantor BAZNAS sehingga dalam hal pemberian bantuan BAZNAS melakukan skala prioritas terhadap masyarakat yang memang benar-benar membutuhkan. Masih banyaknya masyarakat yang tidak mengerti tentang persyaratan-persyaratan dalam pengajuan bantuan kepada BAZNAS Rejang Lebong. Masih kurangnya minat masyarakat untuk dapat hadir di kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh badan amil zakat nasional (BAZNAS) Rejang Lebong. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Program Kerja, BAZNAS Rejang Lebong

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Patima, Sitisitipatima71@gmail.com
Verolyna, Ditaditaverolyna@iaincurup.ac.id
Alparedi, Topantopanalparedi@iaincurup.coid
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 09 Oct 2023 09:03
Last Modified: 09 Oct 2023 09:03
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5344

Actions (login required)

View Item View Item