Pendekatan Saintifik Berbasis Multimedia Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa di SDN 51 Rejang Lebong

Afrianti, Eki and Kusen, Kusen and Rahmadeni, Fevi (2023) Pendekatan Saintifik Berbasis Multimedia Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa di SDN 51 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI EKI AFRIANTI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak siswa yang belum tuntas tidak bisa menguraikan contoh kongkret dan hanya beberapa siswa saja yang aktif. Untuk itu perlu adanya suatu pendekatan yang dapat membangkitkan aktivitas siswa dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan pelaksanaan pembelajaran pendekatan sainsifik berbasis multimedia dan pendekatan saintifik berbasis multimedia dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN 71 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan (Clasroom Action Research). Lokasi Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 51 Rejang Lebong. Adapun subjek dalam penelitian ini siswa kelas V dan prosedur pengumpulan data meliputi: perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan cara: tes, observasi dan dokumen. Analisis data dengan data pengolahan data, hasil belajar dan analisis data observasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) Pada siklus I pertemuan I dengan perolehan 3,76 (Sedang) dan pertemuan ke II 3,92 (Sedang). Pada siklus II pertemuan ke I keterlaksanaan aktivitas mengajar guru sebesar 3,88 (Tinggi) dan pertemuan ke II sebesar 4,15 (Tinggi). Untuk aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I sebesar 3,5 (S) dengan kategori sedang, pada pertemuan II perolehan keterlaksaan belajar sebesar 3,70 (Tinggi) dengan kategori sedang. Selanjutnya pada siklus II pertemuan I keterlaksanaan sebesar 3,95 (Sedang) dengan kategori baik dan pada pertemuan II sebesar 4,35 denagn kategori sedang. 2) Hasil belajar pada siklus I pertemuan I dengan nilai rata-rata 63,54 dari 24 siswa yang tuntas adalah 8 orang siswa atau 33,33 %. Pada siklus I pertemuan ke II dengan jumlah rata-rata 67,29 dengan ketuntasan 62,5%. Pada siklus II pertemuan I dengan nilai rata-rata 69,6 dengan 14 siswa yang tuntas atau 70,83%, sedangkan pada siklus II pertemuan II dengan rata-rata 73,95 dan 23 siswa yang tuntas atau 95,85%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Afrianti, Ekiekiafrianti651@gmail.com
Kusen, Kusenkusenpasca1969@gmail.com
Rahmadeni, Fevifevirahmadeni@iain.ac.id
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 22 Aug 2023 07:19
Last Modified: 22 Aug 2023 07:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5313

Actions (login required)

View Item View Item