Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Alqur’an di SMK Swasta Kabupaten Rejang Lebong

Monika, Mira and Fakhruddin, Fakhruddin and Istan, Muhammad (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Alqur’an di SMK Swasta Kabupaten Rejang Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Mira monika tesis.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI SMK SWASTA KABUPATEN REJANG LEBONG Mira Monika Monika, Mira, 2023 Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an Di Smk Swasta Kabupaten Rejang Lebong. Program Pascasarjana (S2) Pendidikan Agama Islam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing (1) …………….. (2) Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan untuk menganalisis upaya guru mata pelajaran PAI dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Quran dan faktor apa saja yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan tersebut agar penelitian tidak menyimpang dan meluas serta memilih data mana yang relevan dan mana yang tidak. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru Pendidikan Agama Islam di SMK IT Khairu Ummah Rejang Lebong dan SMKS 2 Muhammadiyah Rejang Lebong. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kesulitan siswa dalam memahami bahasa Al-Qur'an yang memiliki struktur dan kosakata yang unik, membuat siswa yang belum terbiasa atau tidak memiliki dasar pengetahuan bahasa Arab kesulitan dalam memahami dan membaca teks Al-Qur'an. Belajar membaca Al-Qur'an melibatkan mempelajari tajwid (aturan bacaan Al-Qur'an) dan pelafalan yang tepat. Siswa merasa kesulitan dalam menguasai aspek-aspek teknis ini. (2) Faktor Yang Menyebabkan Siswa SMK Swasta Rejang Lebong Mengalami Kesulitan Dalam Membaca Al-Qur’an pertama Kemampuan membaca, termasuk pemahaman tentang huruf-huruf Arab dan tajwid (aturan bacaan), menjadi faktor penting dalam kesulitan membaca Al-Qur'an. Kedua Kurangnya minat atau motivasi untuk belajar membaca Al-Qur'an bisa menghambat kemauan seseorang untuk berinvestasi waktu dan usaha yang diperlukan. Dan yang ketiga Lingkungan berlajar yang tidak kondusif. (3) Upaya yang dilakukan oleh guru dengan mengulang kembali hafalan-hafalan surat Al- Qur’an dan hadis sesuai dengan batasan juz yang sudah ditentukan. Kata Kunci : Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, SMK Swasta Rejang Lebong

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Monika, Miramonikamira11@gmail.com
Fakhruddin, Fakhruddinfakhruddin@iaincurup.ac
Istan, MuhammadIstanmuhammad1975@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:43
Last Modified: 22 Aug 2023 02:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5308

Actions (login required)

View Item View Item